Sukses

Cegah Macet, Penyeberangan Ketapang-Lembar Dialihkan ke Pelabuhan Jangkar Selama Natal dan Tahun Baru

Penyeberangan jurusan Ketapang-Lembar Nusa Tenggara Barat, dialihkan ke Pelabuhan Jangkar Situbondo, selama musim libur Natal dan Tahun Baru 2024.

Liputan6.com, Situbondo - Penyeberangan jurusan Ketapang-Lembar Nusa Tenggara Barat, dialihkan ke Pelabuhan Jangkar Situbondo, selama musim libur Natal dan Tahun Baru 2024.

Koordinator UPT Pelabuhan Pengampu Regional Banyuwangi Wilayah Kerja Jangkar Situbondo Tri Wahyono mengatakan, mulai hari ini penyeberangan dari Ketapang, Banyuwangi menuju Pelabuhan Lembar Nusa Tenggara Barat dialihkan melalui Pelabuhan Jangkar Situbondo

Kata dia, ada lima kapal angkutan penyebrangan Jangkar-Lembar yang melayani penumpang dari Pulau Jawa ke Lembar. Sedangkan pola penyebrangan dilakukan dengan sistem silang. Yaitu kapal dari Jangkar berangkat ke Lembar dan kembali lagi ke Jangkar dan seterusnya.

“Lima kapal yang melayani rute Jangkar-Lembar itu, diantaranya KMP Dharma Fery IX Jambo X, Nawasena, Tunu Pratama 5888 dan Swarna Cakra,”ujarnya Sabtu (16/12/2023)

Tri Wahyono menambahkan, rute penyeberangan menuju Lembar merupakan upaya untuk mengantisipasi lonjakan penumpang yang dimungkinkan terjadi di Pelabuhan Ketapang Banyuwangi, pada momen libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Sehingga untuk menghidari kemacetan  di Pelabuhan Ketapang, kapal rute Ketapang- Lembar dialihkan sementara  ke Pelabuhan Jangkar Situbondo.

"Untuk kapal penyebrangan dari Pelabuhan Jangkar ke Lembar maksimal punya bobot 42 ton. Pelabuhan Jangkar juga punya jembatan timbang untuk memastikan tidak ada kendaraan yang akan menyeberang melebihi bobot 42 ton,”paparnya.

Untuk harga tiket terbaru penyebrangan dari Jangkar ke Pelabuhan Lembar, untuk kendaraan golongan 5 dan 6 harganya lebih murah dibanding hari biasanya, yakni lebih murah hingga Rp100.000

Sedangkan tiket penumpang dewasa seharga Rp123.000 dan bayi Rp12.000. Untuk tiket kendaraan golongan 1 harganya Rp138.000, golongan 2 sepeda motor Rp253.800 golongan 3 motor kopling Rp481.000.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.