Sukses

Khofifah-Emil Dardak Bakal Duet Lagi di Pilkada Jatim 2024, Asal Tidak Jadi Menteri

Sebagaimana yang diketahui, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, pada Senin, 4 November 2024 di Surabaya resmi menyerahkan rekomendasi kepada Khofifah untuk maju di Pilkada Jawa Timur tahun depan.

Liputan6.com, Surabaya - Dewan Pembina TKN Prabowo-Gibran KH Asep Syaifuddin Chalim menilai kinerja Khofifah-Emil sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur harus dilanjutkan ke periode kedua karena berdampak pada kemajuan wilayah setempat.

"Kinerja Khofifah-Emil jelas baik, bagaimana kepuasan warga Jawa Timur 85 persen dan luar biasa, ini layak dilanjutkan," kata Kiai Asep yang juga pengasuh pondok pesantren Amanatul Ummah, Pacet, Mojokerto melalui keterangan resmi yang diterima di Surabaya, Selasa (5/12/2023), dilansir dari Antara.

Karena itu, dia menyatakan bahwa Khofifah-Emil punya peluang berpasangan saat maju pada kontestasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jawa Timur 2024.

"Untuk kemungkinan gandeng lagi ada, tetapi ketika Pak Emil tidak diambil menteri," ucapnya.

Selain itu, dia berharap partai yang tergabung di Koalisi Indonesia Maju (KIM) bisa menyusul langkah Partai Amanat Nasional (PAN) memberikan rekomendasi kepada Khofifah untuk maju di Pilkada Jawa Timur tahun depan.

"Mudah-mudahan seluruh partai pengusung akan memberikan hal yang sama seperti PAN," ucapnya

Sebagaimana yang diketahui, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, pada Senin, 4 November 2024 di Surabaya resmi menyerahkan rekomendasi kepada Khofifah untuk maju di Pilkada Jawa Timur tahun depan.

Meski begitu, Zulhas menyatakan rekomendasi hanya untuk cagub saja, bukan cawagub.

"Rekomnya cuma Gubernur saja. Untuk Wakil Gubernur Jatim nanti kader dari PAN yang akan mendampingi Khofifah di Pilgub 2024," ujar Zulhas, di Surabaya, Senin (4/12/2023).

Zulhas mengungkapkan, pemberian surat rekomendasi tersebut lantaran selama menjadi Khofifah sudah terbukti sukses membawa Jawa Timur lebih baik.

"Yang terpenting dia pemimpin perempuan," ucapnya.

Zulhas juga mengaku sudah mengetahui karakter Khofifah. Dia dikenal sebagai sosok yang sangat berintegritas. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Khofifah Malah Kaget

Terpisah, Khofifah mengaku terkejut atas rekomendasi yang diberikan PAN kepada dirinya untuk kembali maju sebagai Cagub pada Pilgub Jatim 2024.

Khofifah mengaku tidak dikabari sebelumnya, bahwa dirinya diundang menghadiri acara tersebut untuk menerima surat rekomendasi.

"Ini surprise karena tidak ada informasi sebelumnya bahwa hari ini akan diserahkan rekomendasi untuk Pilgub yang akan datang," ucap Khofifah.

Khofifah menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada PAN atas rekomendasi yang diterimanya tersebut. Surat rekomendasi dukungan tersebut, kata Khofifah menjadi langkah awal untuk dirinya bisa kembali maju di Pilgub 2024.

"Saya menyampaikan terima kasih, apresiasi, terhadap Partai Amanat Nasional, mengawali dari proses pemberian dukungan. Insya Allah saya maju kembali pada 2024. Mohon doa semuanya," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.