Sukses

Dishub Surabaya Sediakan Tujuh Shuttle Bus Listrik untuk Wara Wiri Penonton Selama Piala Dunia U-17

Shuttle yang dikhususkan untuk penjemputan dari GBT mengambil dari beberapa unit "Suroboyo Bus" dan "Trans Semanggi".

Liputan6.com, Surabaya - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surabaya memproyeksikan sejumlah angkutan bertenaga listrik sebagai kendaraan antar jemput atau shuttle bagi para penonton, saat bergulirnya Piala Dunia U-17 2023.

Angkutan ramah lingkungan dengan jumlah tujuh unit yang terdiri dari bus, mini bus, hingga van atau feeder sebelumnya sudah menjalani uji coba operasional di Terminal Intermoda Joyoboyo (TIJ), pada Selasa (7/11/2023).

"110 unit untuk piala dunia itu sudah termasuk yang bus listrik," kata Tundjung di Surabaya, Rabu (8/11/2023), dilansir dari Antara.

Setiap angkutan elektrik yang disediakan untuk shuttle punya kapasitas yang berbeda, seperti halnya untuk bus berukuran besar bisa menampung hingga 50 penumpang.

"Kalau yang sedang (minibus) 18 dan 22 unit, kalau yang feeder kecil 12 kapasitas," ucapnya.

Sementara, Tundjung menjelaskan Dishub Kota Surabaya juga memperbanyak jumlah shuttle yang digunakan untuk menjemput penonton, khususnya saat rampungnya pertandingan Timnas Indonesia yang sepenuhnya bermain di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT).

Shuttle yang dikhususkan untuk penjemputan dari GBT mengambil dari beberapa unit "Suroboyo Bus" dan "Trans Semanggi".

Langkah tersebut dilakukan agar tidak terjadi penumpukan penonton di jam selesainya pertandingan.

"Kalau pulang akan lebih banyak, kami pakai Surabaya bus, lalu semanggi. Jadi jumlahnya sekitar 130-an kalau malam," ujarnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pembukaan Piala Dunia U-17

Sebelumnya, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surabaya menyediakan ratusan angkutan antara jemput atau shuttle bus bagi para penonton pertandingan Grup A Piala Dunia U-17 Indonesia yang digelar di Stadion Gelora Bung (GBT) Surabaya.

Beberapa lokasi penjemputan juga sudah ditetapkan, yakni Balai Kota Surabaya, Terminal Intermoda Joyoboyo (TIJ), Terminal Osowilangun, UPT Uji Kendaraan Bermotor (KIR) Tandes, dan kawasan Ciputra World.

Sebagaimana yang diketahui, Piala Dunia U-17 Indonesia bakal dibuka pada 10 November 2023 di Stadion GBT, Surabaya.

Di stadion tersebut, Timnas Indonesia U-17 bakal sepenuhnya memainkan laga di grup A, yakni di Ekuador, Maroko, dan Panama.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.