Sukses

Ketua PSSI Siapkan 3 Wasit Terbaik untuk Piala Dunia U-17 di Surabaya, Siapa Saja?

Dari sisi wasit, FIFA juga memanggil tiga wasit dari Indonesia yakni Thoriq Alkatiri, Aprisman Aranda dan Yudi Nurcahya, hal itu juga sebagai komitmen dari FIFA untuk memberi kesempatan kepada Indonesia.

Liputan6.com, Surabaya - Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir merasa yakin bahwa masyarakat di Surabaya akan mendukung gelaran Piala Dunia U-17, terlebih pembukaannya bakal digelar di Stadion Gelora Bung Tomo pada 10 November 2023.

"Saya yakin masyarakat pecinta sepak bola di Surabaya akan mendukung," ucapnya saat ditemui wartawan usai menghadiri kegiatan "Rek Ayo Rek Dolen Karo Pak ET" yang digelar PT Persero Permodalan Nasional Madani (PNM), di Surabaya, dilansir dari Antara, Sabtu (30/9/2023).

Oleh karena itu, kata dia, segala persiapan penyelenggaraan Piala Dunia U-17 menjadi hal penting, termasuk para penggawa Timnas U-17 yang akan berlaga di Surabaya.

"Memang persiapan ini penting karena kami juga ingin prestasi dalam penyelenggaraan diiringi dengan prestasi timnasnya juga, paling tidak lolos fase grup A, tapi kami juga tidak tahu hasilnya, siapa tahu bisa lebih baik lagi," ujarnya.

Selain itu, pria yang juga menjabat sebagai Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tersebut akan mengupayakan akan menggandeng pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) lokal di masing-masing stadion yang digunakan Piala Dunia U-17.

"Nanti kami akan diskusikan Minggu depan, bagaimana persiapan even di masing-masing tempat pertandingan saya belum bisa katakan tapi kami akan lakukan itu," katanya.

Tak hanya itu, dari sisi wasit, FIFA juga memanggil tiga wasit dari Indonesia yakni Thoriq Alkatiri, Aprisman Aranda dan Yudi Nurcahya, hal itu juga sebagai komitmen dari FIFA untuk memberi kesempatan kepada Indonesia.

"Itu juga komitmen dari FIFA bagaimana tidak hanya penyelenggaraan dan prestasi sepak bola tetapi juga sumber daya manusia perwasitan juga diberi kesempatan untuk ada peningkatan kualitas," tuturnya.

Terlebih, kata Erick, dalam penyelenggaraan Piala Dunia U-17 nanti sudah ada sistem-sistem yang mendukung juga untuk video assistant referee (VAR) ke depannya di Liga 1 Indonesia.

"Februari 2024 Liga 1 Indonesia rencananya sudah pakai VAR, kalau di Piala Dunia besok lihat saja nanti karena keputusannya dari FIFA," kata Erick.

FIFA World Cup U-17 Indonesia bisa disaksikan di Indosiar dan SCTV. Bisa nonton Live 52 pertandingan lengkap hanya di Vidio. Best match di Moji dan Mentari, serta melalui Nex Parabola.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Whisnutama Jadi Tim Kreatif Pembukaan U-17 Surabaya

Di sisi lain, perwakilan tim kreatif di bawah arahan Creative Director Wishnutama menyiapkan tampilan atraksi pertunjukan pada upacara pembukaan Piala Dunia U-17 yang digelar di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Kota Surabaya pada 10 November.

Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga serta Pariwisata (Disbudporapar) Kota Surabaya Wiwiek Widayati di Surabaya, Sabtu, mengatakan perwakilan dari salah satu tim kreatif melakukan pemetaan area untuk mengatur pelaksanaan pembukaan.

"Baik dari atraksi, panggung utama, lampu, artis, dan sebagainya. Serta, tempat dan ruang mana saja yang bisa dimanfaatkan untuk aktivitas mereka," kata dia.

Wiwiek memastikan secara keseluruhan Pemkot Surabaya telah siap menyambut Piala Dunia U-17. Sarana dan prasarana Stadion GBT pun siap digunakan sebagai tempat pertandingan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.