Sukses

Pesona IKN Jadi Magnet Batik Air Buka Rute Penerbangan Baru Surabaya-Berau Kaltim

Maskapai Batik Air membuka rute penerbangan baru, Surabaya-Berau, Kalimantan Timur. Hal tersebut tidak lepas dari pesona Ibu Kota Negara (IKN) serta potensi bisnis dan pariwisatanya.

Liputan6.com, Surabaya - Maskapai Batik Air membuka rute penerbangan baru, Surabaya-Berau, Kalimantan Timur. Hal tersebut tidak lepas dari pesona Ibu Kota Negara (IKN) serta potensi bisnis dan pariwisatanya.

Operation Manager Batik Air, Agus Wicaksono mengungkapkan, rute penerbangan Surabaya-Berau ini akan menjadi yang favorit bagi penumpang ataupun pelancong. Sebab, di Berau juga merupakan kawasan pebisnis, apalagi menyambut IKN.

"Kebetulan Surabaya, kota terbesar kedua di Indonesia, jalur bisnisnya juga terhubung dengan Berau. Jadi itu yang menjadi ketertarikan Lion Grup dilakukan oleh Batik Air," ujarnya, usai penerbangan perdana Batik Air di Bandara Udara Internasional Juanda, Rabu (6/9/2023).

Agus mengatakan, jika sebelum pandemi, Maskapai Batik Air juga pernah membuka rute Jakarta-Berau. Kini dibuka kembali ditambah dengan rute Surabaya-Berau dan sebaliknya.

"Untuk rute ini, mengunakan Airbus 320 seri 200. Kedatangan setiap hari. Mungkin berjalanan waktu, mungkin frekuensi akan kita evaluasi, kemungkinan besar akan di tambah," ucapnya.

Agus menyebut, dengan dibuka rute baru Surabaya-Berau dan Berau Surabaya ini, bisa menjadi destinasi baru yang menajubkan bagi pelancong dan juga pebisnis.

"Potensialnya selain bisnis, tentunya, yag kedua adalah pariwisata. Kita lihat sekarang pariwisatanya sedang populer. Jadi kita menyambut itu, setelah kita evaluasi animo juga bagus setelah pembukaan ini terbukti penumpangnya di atas 80 persen," ujarnya.

Agus menyampaikan bahwa pada penerbangan perdana rute Surabaya-Berau ini, animo penumpang cukup signifikan. Yakni mencapai 90 persen.

"Terbukti penumpangnya diatas 80 persen. Bahkan untuk Surabaya ini sudah diatas 90 persen. Jadi harapan kami ini akan berkelanjutan, apalgi ini belum masih peak season. Biasanya di lebaran, natal," ucapnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penerbangan Setiap Hari

General Manager PT Angkasa Pura 1 Surabaya, Sisyani Jaffar menambahkan, pihaknya memberikan selamat atas penerbangan yang pertama oleh Maskapai Batik Air di Rute Surabaya-Berau.

"Tadi disampaikan penerbangan akan dilakukan setiap hari pada pukul 09.40 WIB ke Berau," ujar Sisyani.

Dengan animo penumpang dari Surabaya atau di Bandara Udara Juanda cukup tinggi. Sisyani mengaku pihaknya akan mensupport semaksimal mungkin.

"Tentunya dari Surabaya, kita akan mendukung, mensupport semaksimal mungkin untuk penerbangan dari sini ke Berau. Kita tahu di Kalimatan ada proyek besar, IKN," ucapnya.

"Tentunya akan banyak investasi atau pekerja yang akan kesana. Sehingga perlu adanya penambahan flight dari Surabaya ke Kalimantan, khususnya di Kalimantan Timur," ungkap Sisyani.

Diketahui, penerbangan rute Surabaya (SUB)-Berau (BEJ) di jadwalkan berangkat dari Bandara Internasional Juanda pukul 09.40 WIB dan Jadwal tiba di Bandara Kalimaru, Berau pada pukul 12.40 WITA. Dengan frekuensi tujuh kali dalam seminggu.

Sebaliknya, penerbangan dari Berau (BEJ)-Surabaya (SUB) jadwal keberangkatan pada pukul 07.55 WITA dan tiba di Bandara Juanda Internasional Juanda pada pukul 08.50 WIB dengan frekuensi tujuh kali dalam seminggu.

Poto: General Manager PT Angkasa Pura 1 Surabaya, Sisyani Jaffar (Kiri) dan Operation Manager Batik Air, Agus Wicaksono (Kanan) di Bandara Internasional Juanda

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.