Sukses

Profil Bojan Hodak, Pelatih Baru Persib Bandung Pengganti Luis Milla

Persib Bandung resmi punya pelatih baru dalam melanjutkan BRI Liga 1 Indonesia 2023/24. Manajemen menunjuk Bojan Hodak menggantikan Luis Milla yang mundur dua pekan lalu.

 

 

Liputan6.com, Jakarta - Persib Bandung resmi punya pelatih baru dalam melanjutkan BRI  Liga 1 Indonesia 2023/24. Manajemen menunjuk Bojan Hodak menggantikan Luis Milla yang mundur dua pekan lalu.

 

Pelatih kelahiran Zagreb, 4 Mei 1971 itu sebelumnya menangani klub Liga Super Malaysia Kuala Lumpur FC yang sukses lolos ke final Piala Malaysia tahun ini, sebelum dikalahkan Johor Darul Ta'zim (JDT) di final.

Selain runner-up Piala Malaysia musim ini, Hodak berhasil mengantarkan Kelantan FA dan Johor Darul Ta'zim menjadi kampiun Liga Super Malaysia tahun 2012 dan 2014.

Ia juga merasakan gelar juara Piala FA Malaysia dan Piala Malaysia bersama Kelantan FA pada 2012 dan 2013.

Hodak sempat memiliki karier di sepak bola Indonesia dengan menangani PSM Makassar pada Liga 1 musim 2020, akan tetapi kiprahnya berjalan singkat karena kompetisi terpaksa harus terhenti akibat pandemi COVID-19.

Deputy CEO PT Persib Bandung Bermartabat Teddy Tjahjono berharap kehadiran Hodak dapat mengangkat performa Marc Klok serta kolega.

"Kita sudah menjalin kesepakatan dengan pelatih ini dan hari ini mengumumkannya. Kita berharap, bersama pelatih baru ini, Persib bisa bangkit untuk memburu target awal kita yaitu posisi 4 Besar," ungkap Teddy.

Persib Bandung saat ini terdampar di posisi ke-16 klasemen sementara Liga 1 Indonesia dengan torehan tiga poin dari empat pertandingan.

Selain itu, skuad Maung Bandung tercatat sama sekali belum pernah mencicipi kemenangan pada kompetisi musim ini saat ditangani Luis Milla.

Maung Bandung ditahan imbang Madura United, Arema FC dan Dewa United, serta takluk dari PSM Makassar.  Diperkirakan keputusan Persib Bandung untuk mendaratkan Hodak didasari pengalaman yang dimiliki oleh pelatih asa Kroasia tersebut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Luis Milla Mundur Mendadak

Sebelumnya, Pelatih Persib Luis Milla menyatakan mundur dari kursi kepelatihan klub tersebut, Sabtu, setelah sebelumnya melatih klub asal Bandung itu selama sekitar satu musim.

Deputi CEO PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) Teddy Tjahjono mengatakan keputusan yang disampaikan Luis Milla itu sangat mendadak. Adapun pelatih berkebangsaan Spanyol itu mundur karena ada keperluan pribadi terkait keluarganya.

"Kita tetap harus menghormati keputusan tersebut karena memang ada masalah pribadi, keluarga yang memang harus kita hormati, bahwa itu sudah diputuskan oleh beliau," kata Teddy di Graha Persib, Kota Bandung, Jawa Barat, Sabtu.

Dengan begitu, direksi dan komisaris manajemen Persib pun kini menunjuk Pelatih Fisik Persib Yaya Sunarya untuk menjadi sosok caretaker bagi Persib selama proses pencarian pelatih baru.

"Kami di internal sudah mulai mencari calon pengganti pelatih kepala yang akan segera kita review kandidat yang ada. Jadi mudah-mudahan bisa secepatnya kita bisa mendapatkan pengganti dari Luis Milla," kata dia.

Selain Luis, menurutnya dua asisten pelatih yang juga berkebangsaan Spanyol yakni Carlos Rodrigues dan Manu Perez pun turut mundur dari tim pelatih Persib Bandung.

"Karena memang para asisten adalah satu kesatuan dengan Luis Milla, maka semuanya akan mundur," katanya.

 

 

3 dari 3 halaman

Catatan Prestasi Luis Milla

Adapun Luis Milla mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak, baik manajemen klub, para pemain, hingga pihak lainnya yang telah mendukungnya selama di Bandung.

"Apapun yang sudah dilewati bersama pemain, juga sudah dilewati dengan baik, ini hanya alasan personal. Sebuah hal yang cukup sulit yang harus diputuskan," kata pelatih yang berusia 57 tahun tersebut.

Di bawah asuhan Milla, Persib berhasil menempati peringkat ketiga pada kompetisi Liga 1 musim 2022/2023, setelah sempat beberapa kali tampil tidak maksimal pada awal musim.

Sejak menjalani debut di Persib pada laga pekan kedelapan kompetisi Liga 1 musim 2022/2023, Luis Milla telah berhasil mencatat 17 kemenangan, empat imbang, dan enam kalah.

Sedangkan pada Liga 1 2023/2024, Milla baru membawa Persib meraih tiga poin dalam tiga pertandingan yang semuanya berakhir dengan skor imbang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.