Sukses

Elektabilitas Erick Thohir Cawapres Menguat versi Survei LSI, Ini Dia 2 Faktor Penyebabnya

Elektabilitas Erick Thohir Sosok sebagai cawapres menguat dari hasl survei Lembaga Survei Indonesia (LSI) periode 1 hingga 8 Juli 2023, Eks Presiden Inter Milan ini melesat ke peringkat pertama bursa cawapres pilihan masyarakat.

Liputan6.com, Jakarta - Elektabilitas Erick Thohir sebagai cawapres menguat dari hasl survei Lembaga Survei Indonesia (LSI) periode 1 hingga 8 Juli 2023, Eks Presiden Inter Milan ini melesat ke peringkat pertama bursa cawapres pilihan masyarakat.

Erick Thohir berada di urutan pertama dengan elektabilitas sebesar 21,2 persen. Ketua Umum PSSI itu mengungguli para tokoh lainnya seperti  Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil, Menparekraf Sandiaga Uno dan Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Di belakang Erick Thohir, menguntit Ridwan Kamil dengan elektabilitas cawapres sebesar 19,6 persen. Sedangkan Sandiaga Uno dan AHY berada di posisi ketiga dan keempat dengan elektabilitas sebesar 17,5 serta 10,8 persen.

"Untuk pilihan wakil presiden secara individu, ini yang menarik pada Juli ini biasanya Erick Thohir tidak nomor satu kan dipilih masyarakat.  Nah sekarang dalam survei LSI untuk pertama kalinya menduduki posisi pertama untuk pilihan calon wakil presiden versi masyarakat, diikuti oleh nama lama yaitu Ridwan Kamil,” terang Direktur Eksekutif LSI, Djayadi Hanan, Jumat (15/7/2023).

Dia menjelaskan terdapat dua faktor utama yang menguatkan elektabilitas Erick Thohir sebagi cawapres 2024.  Pertama adalah dukungan Presiden Jokowi. Kedua, adalah kerja nyata Erick Thohir di PSSI yang banyak menyita perhatian positif dari masyarakat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sering Bersama Jokowi

Bahkan, Djayadi mengatakan 80 persen masyarakat puas terhadap kinerja Erick Thohir di PSSI.  Mengingat, Erick Thohir berhasil mempersembahkan medali emas di ajang SEA Games Kamboja 2023 kemarin, mendatangkan peringkat 1 FIFA dan juara Piala Dunia 2022 Timnas Argentina ke Indonesia dan berhasil mengamankan posisi penyelenggara Piala Dunia U-17 pada bulan November hingga Desember mendatang.

"Erick Thohir sering disebut Pak Jokowi atau sering bersama Pak Jokowi. Maka endorsement Pak Jokowi itu diartikan cukup berpengaruh terhadap dukungan publik," ujar Djayadi.

"Sepak bola olahraga populer di Indonesia pendukung Jokowi sangat banyak penggemar sepak bola. Di survei kita juga 80 persen masyarakat puas kinerja Erick Thohir di PSSI," tandasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.