Sukses

Hari Raya Idul Adha Sebentar Lagi, Simak Cara Pemotongan Hewan Kurban Sesuai Syariat Islam

Hari Raya Idul Adha atau Hari Raya Kurban menjadi momen yang ditunggu umat Islam. Selain perayaan dengan Salat Id di masjid atau lapangan, Idul Adha menjadi momentum untuk berkurban.

Liputan6.com, Surabaya - Hari Raya Idul Adha atau Hari Raya Kurban menjadi momen yang ditunggu-tunggu oleh umat Islam. Selain perayaan dengan Salat Id di masjid atau lapangan, Idul Adha menjadi momentum untuk berkurban.

Kurban dapat diartikan sebagai persembahan kepada Allah SWT dengan menyembelih hewan ternak seperti kambing, domba, sapi maupun unta. Hukum kurban adalah sunnah yang sangat dianjurkan bagi umat Islam. Ibadah kurban dilakukan pada Hari Raya Idul Adha.

Kurban adalah ibadah yang sangat dianjurkan dan memiliki dampak sosial, karena daging hewan kurban dapat diberikan kepada orang yang kurang mampu. Setidaknya dalam kurun waktu setahun sekali orang yang kurang mampu dapat merasakan daging hewan kurban.

Memotong hewan kurban tidak bisa dilakukan sembarangan. Ada syarat dan rukun yang harus dipenuhi agar hewan kurban halal dan berkah saat dibagikan.

Berikut cara memotong hewan kurban sesuai syariat Islam, seperti dikutip dari baznas.go.id:

1. Persiapan Awal

Pastikan hewan kurban yang dipilih telah memenuhi syarat-syarat kurban, seperti usia yang memadai, tidak cacat serta sehat secara fisik. Niatkan ibadah kurban dengan tujuan mendekatkan diri kepada Allah SWT. dan beribadah dengan ikhlas.

2. Menyebut Nama Allah

Sebutlah nama Allah dengan mengucapkan "Bismillahi, Allahu Akbar" sebelum memulai pemotongan. Ini adalah bacaan yang harus diucapkan sebagai niat sekaligus doa untuk melaksanakan ibadah kurban sesuai ajaran Islam.

3. Memotong Urat Leher

Gunakan pisau yang tajam untuk memotong urat leher hewan kurban dengan cepat dan tepat. Potongan harus mengenai urat leher, arteri karotis dan vena jugularis untuk memastikan pengeluaran darah yang akurat. Pemotongan yang baik dan tepat bertujuan memastikan hewan kurban meninggal secara cepat dan tidak menyakiti.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tidak Membuat Hewan Kurban Menderita

4. Pembersihan Setelah Pemotongan

Pastikan semua darah telah keluar dari tubuh kambing sebelum melanjutkan proses berikutnya. Darah harus sepenuhnya dikeringkan dengan melakukan pembersihan sesuai praktik yang diterima dalam masyarakat.

5. Perlakuan yang Hormat pada Hewan 

Selama proses pemotongan, penting untuk memperlakukan hewan dengan belas kasihan dan rasa hormat. Seorang Muslim harus menghormati makhluk Allah dan menjaga agar tidak menyebabkan penderitaan yang berlebihan pada hewan.

6. Distribusi Daging

Daging hasil pemotongan kambing kurban harus didistribusikan kepada mereka yang berhak menerimanya seperti fakir miskin, tetangga dan keluarga. Berbagi rezeki dengan mereka yang membutuhkan merupakan bagian integral dari ibadah kurban.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.