Sukses

Satu Anak Korban Terseret Arus Sungai Brantas Ditemukan Meninggal Dunia

Jenazah korban tersebut ditemukan kurang lebih sejauh 12,4 kilometer dari lokasi Tempat Kejadian Musibah (TKM).

Liputan6.com, Malang - Tim gabungan Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Surabaya menemukan MRS (11) dalam keadaan tak bernyawa. Korban merupakan salah satu dari dua orang anak yang hilang terseret arus Sungai Brantas di Kota Malang.

Koordinator Lapangan SAR Gabungan dari Basarnas Surabaya Andi Pamuji mengatakan bahwa jenazah MRS tersebut ditemukan tim gabungan di tepi Dam Blobo, Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang.

"Sudah ditemukan kurang lebih pukul 07.30 WIB, tim SAR gabungan menemukan dan mengevakuasi korban dalam keadaan meninggal dunia," kata Andi di Kota Malang, dilansir dari Antara, Rabu (21/6/2023).

Andi menjelaskan, jenazah korban tersebut ditemukan kurang lebih sejauh 12,4 kilometer dari lokasi Tempat Kejadian Musibah (TKM). Usai ditemukan, jenazah kemudian dievakuasi ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Saiful Anwar Kota Malang.

Menurutnya, upaya pencarian untuk satu korban lain yakni PW (10) juga masih dilakukan oleh tim gabungan tersebut. Saat ini, ada kurang lebih sebanyak delapan Search and Rescue (SRU) yang diterjunkan untuk melakukan penyisiran.

"Tim kita tambah satu SRU. Kemarin tujuh, hari ini delapan. Untuk tim SRU yang baru fokus melakukan pencarian ke area Sungai Molek," katanya.

Sementara tujuh tim lainnya, melakukan pencarian mulai dari TKM di wilayah Gang Talas RT6/5, Kelurahan Bumiayu, Kecamatan Kedungkandang, hingga wilayah Bendungan Sengguruh yang berada di Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang.

Secara rinci, lanjutnya, radius pencarian dilakukan dari TKM ke Jembatan Kendalpayak atau sejauh 3,4 kilometer. Kemudian, dari Jembatan Kendalpayak ke Bendungan Blobo sejauh 9,7 kilometer, dan Bendungan Blobo hingga Bendungan Sengguruh sejauh delapan kilometer.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Terseret Arus saat Bermain Air

Pada Senin (19/6), dua orang anak berinisial PW (10) dan MRS (11) dilaporkan hilang terseret arus Sungai Brantas saat bermain air. Peristiwa itu bermula pada saat dua anak tersebut bersama enam rekannya berada di sekitaran Sungai Brantas.

Anak-anak tersebut kemudian berenang di sungai tersebut kurang lebih pukul 10.15 WIB. Namun, pada saat berenang, anak-anak tersebut terseret arus sungai yang deras dan berupaya untuk menyelamatkan diri dengan saling tolong-menolong.

Namun, dengan arus Sungai Brantas yang deras dan ditambah adanya pusaran air, membuat dua orang anak tersebut hanyut dan terseret air dengan cepat. Sementara rekan-rekan lainnya tidak mampu menolong dua temannya tersebut. Kejadian itu baru dilaporkan pada pukul 16.30 WIB.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.