Sukses

29 Mei Diperingati Sebagai Hari Lanjut Usia Nasional, Simak Sejarah Awalnya

Pemerintah Indonesia menjadikan 29 Mei sebagai Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN). Tahun ini, peringatan HLUN akan digelar di Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Indonesia menjadikan 29 Mei sebagai Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN). Tahun ini, peringatan HLUN akan digelar di Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat. Beragam beragam acara akan disiapkan, di antaranya bakti sosial pelayanan kesehatan, pemenuhan hak sipil, bansos, kampanye sosial lanjut usia, dan pembuatan taman lansia.

Dalam sejarahnya, HLUN pertama kali dicanangkan secara resmi di Semarang pada 29 Mei 1996 oleh Presiden Indonesia saat itu Suharto. 

Seperti dikuti dari dinkes.jogjaprov, Jumat (26/5/2023), HLUN merupakan upaya pemerintah untuk mengapresiasi peran penting dan strategi para lansia dalam kiprahnya mempertahankan kemerdekaan, mengisi pembangunan dan memajukan bangsa.

Peringatan yang dilakukan setiap tahun pada Mei ini terinspirasi dari sejarah masa perjuangan merebut kemerdekaan Negara Republik Indonesia pada 1945 silam. Saat itu 29 Mei 1945, sidang Badan Persiapan untuk Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) dipimpin oleh Dr. KRT Radjiman Widyodiningrat.

Radjiman  merupakan anggota BPUPKI tertua saat itu. Meskipun dalam kondisi usia yang sudah lanjut, beliau dengan kearifannya mencetuskan gagasan perlunya filosofis Negara Indonesia.

Selain memberikan penghargaan kepada lansia, HLUN juga bertujuan untuk meningkatkan kepedulian semua pihak akan hadirnya lansia. Sebagai salah satu kelompok masyarakat yang tergolong senior, lansia lebih berisiko mengalami penurunan kapasitas fungsional dan kualitas kesehatan.

Maka para lansia selayaknya juga mendapatkan akses yang lebih baik terhadap layanan publik seperti akses kesehatan, transportasi, pendidikan, pekerjaan, perumahan, domisili dan lain sebagainya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Duta Cinta Lansia Kemensos

Direktur Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia Kemensos Supomo menyatakan, pihaknya menyiapkan duta cinta lanjut usia (lansia) di usia dini menjelang peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) Ke-27 di Kabupaten Dharmasraya, Sumatra Barat pada 29 Mei 2023.

Pemilihan duta cinta lansia digelar dalam salah satu rangkaian "Bimbingan Teknis Peningkatan Kepedulian dan Perawatan Lansia" jelang HLUN 2023. Bimtek diikuti 550 siswa dan siswi SD kelas V dan VI dan SMP kelas VII dan VIII di 11 kecamatan di Kabupaten Dharmasraya.

Setelah bimtek tersebut, digelar duta lansia dari anak usia belia dengan dua target penting, yaitu pertama tumbuh kesadaran dan pemahaman bagi anak.

“Kedua, ke depan berkurang lansia yang ditelantarkan keluarga. Kalau toh masih ada yang ditemui lansia tunggal dan tidak punya siapa-siapa,serta harus dirawat oleh pemerintah pusat, provinsi, kabupaten/kota serta LKS yang concern dengan lansia,” ujarnya, Jumat (26/5/2023).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.