Sukses

Bentrok saat Pertunjukan Jaranan di Banyuwangi, 2 Kelompok Pemuda Berakhir Damai

Sekelompok pemuda di Banyuwangi terlibat bentrok di jalan raya Situbondo - Banyuwangi, tepatnya masuk di Kelurahan Bulusan, Kecamatan Kalipuro, Banyuwangi,

Liputan6.com, Banyuwangi - Sekelompok pemuda di Banyuwangi terlibat bentrok di jalan raya Situbondo - Banyuwangi, tepatnya masuk di Kelurahan Bulusan, Kecamatan Kalipuro, Banyuwangi. Vidio bentrokan sempat terekam kamera warga.

Nampak pemuda menggunakan batang besi saling serang dan adu bogem mentah. Vidionya kemudian trending di Media Sosial. Hal itu kemudian ditindaklanjuti oleh Polsek Kalipuro. Setelah ditelusuri akhirnya beberapa pemuda diamankan.

Kapolsek Kalipuro, AKP Hadi Waluyo mengatakan hasilnya ada 4 orang yang diamankan. Pemuda itu diantaranya MJ, IR, RA dan R. 

"Perkara tersebut dipicu kesalahapahaman saat menonton jaranan (Kesenian Tradisional Banyuwangi)," kata Hadi kepada wartawan Minggu (14/5/2023).

Ceritanya salah satu pemuda merasa didorong. Sehingga setelah acara jaranan bubar korban diadang lalu dipukuli. Korban lari. Di situlah kemudian terjadi miskomunikasi. Saudara dan teman teman mendengar kalau korban disandera. 

"Akhirnya teman-teman korban mendatangi tempat kerja pelaku. Sehingga terjadi perkelahian. Namun tidak ada yang luka berat hanya luka ringan saja," ujarnya.

Karena masih tetangga mereka perkara diselesaikan dengan cara musyawarah. Mereka sepakat berdamai.

"Dan karena masih tetangga perkara diselesaikan secara musyawarah untuk menjaga keamanan lebih lanjut biar tidak ada dendam," tandasnya.

Kapolsek Kalipuro, meminta masyarakat untuk tidak mudah tropokasi ketika menanggapi isu apapun. Sehingga tidak menimbulkan hal- hal yang tidak diinginkan.

“Kuncinya jangan mudah terperopokasi. Sehingga tidak tersulut amarah itu saja,” pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.