Sukses

Daftarkan 120 Caleg ke KPU, Nasdem Target 19 Kursi DPRD Jatim

Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Nasdem Jatim Suhandoyo mengungkapkan, partainya mendaftarkan 120 Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jatim.

Liputan6.com, Surabaya - Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Nasdem Jatim Suhandoyo mengungkapkan, partainya mendaftarkan 120 Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jatim.

"Kami melakukan pendaftaran serentak seluruh Indonesia. Kita daftarkan 120 caleg secara utuh," ujarnya di kantor KPU Jatim di Surabaya, Kamis (11/5/2023).

Handoyo mengatakan, bacaleg yang didaftarkan termasuk yang perempuan akan membawa Nasdem mendapatkan perolehan kursi yang signifikan. Tahun 2019, Nasdem punya sembilan kursi di DPRD Jatim.

"Targetnya jadi juara. Di provinsi 19 kursi pada 2024," ucap Handoyo.

Handoyo menyebut, dari 120 bacaleg yang didaftarkan, sebesar 35,3 persen merupakan bacaleg perempuan. Jumlah ini tentunya melebihi batas minimal keterwakilan perempuan yang dipatok sebesar 30 persen.

"Keterwakilan perempuan kita 35,3 persen. Kita sangat memperhatikan kuota perempuan. Saya yakin perempuan kita dorong ke depan menjadi salah satu bagian memikirkan bangsa ini," ujarnya.

Target itu, kata Handoyo, sangat realistis. Karena bacaleg yang didaftarkan sudah melalui penjaringan yang selektif dari partai. Dia memastikan kalau semua caleg Nasdem nantinya merupakan yang terbaik di dapilnya.

"120 orang adalah pilihan rakyat di Jawa Timur. Kami ambil orang yang baik. Partai Nasdem betul-betul dicintai masyarakat. Mereka yang terpilih akan sangat amanah," ucapnya.

"Semua jago, akan kompetisi secara sehat di antara caleg. Tidak perlu khawatir. Dia orang baik semuanya," imbuh Handoyo.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Potong Tumpeng

Partai Nasdem menggelar doa dan pemotongan tumpeng bersama 38 Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Nasdem dari 38 provinsi di Ballroom Nasdem Tower, Jalan RP Soeroso, Gondangdia, Jakarta Pusat, Kamis (11/5/2023).

Doa dan pemotongan tumpeng bersama ini, dilakukan tepat sebelum Partai Nasdem menyerahkan berkas pendaftaran bakal calon legislatif (Bacaleg) untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI.

Ketua Umum (Ketum) Partai Nasdem Surya Paloh memberikan arahan sebelum berkas pendaftaran resmi diantar ke KPU pukul 11.00 WIB. Surya Paloh menyampaikan pada Pemilu 2024 ini partainya melakukan upaya yang lebih keras belajar dari pengalaman pada Pemilu tahun-tahun sebelumnya.

"Insyallah saudara-saudara semuanya di samping seluruh upaya dan kerja keras, strategi yang kita angkat jauh lebih baik belajar daripada kekurangan, kesalahan pada masa-masa yang pernah kita lalui, dan diiringi doa kita semuanya alam yang akan menyertai kita," kata Surya Paloh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.