Sukses

Sejumlah Bus Angkutan Lebaran di Situbondo Uji Kelaikan, Apa Hasilnya?

Bus angkutan mudik lebaran di sejumlah terminal di Situbondo dilakukan uji kelaikan oleh Satlantas Polres Situbondo. Hal itu untuk memastikan keamanan dan kenyamanan penumpang selama arus mudik Lebaran 2023.

Liputan6.com, Situbondo - Satlantas Polres Situbondo melakukan uji kelaikan bus angkutan mudik lebaran di sejumlah terminal di Situbondo, untuk memastikan keamanan dan kenyamanan penumpang selama arus mudik Lebaran 2023.

Kasat Lantas Polres Situbondo AKP Suwarno mengatakan, pelaksanaan pengecekan kelaikan armada bus bekerja sama dengan Dinas Perhubungan setempat.

“Jadi sejak kemarin lusa kami mulai uji kelaikan armada bus. Yang dicek mulai dari kondisi ban, mesin, rem, fungsi lampu, wiper dan lainya termasuk surat kendaraan dan SIM ini demi keselamatan kita semua pada saat arus mudik lebaran tahun ini,” ujar Suwarno, Senin (17/4/2023).

hasil pengecekan, ditemukan beberapa armada bus yang direkomendasikan agar memperbaiki atau mengganti rem yang kurang maksimal, Kaca retak, dan ban sudah tipis dan dinilai berbahaya untuk keselamatan penumpang.

Selain mengecek kelaikan kendaraan bus, juga dilakukan pemeriksaan kesehatan sopir dan kru bus.

“Pengecekan armada bus dan juga pemeriksaan kesehatan kru bus untuk menjamin keselamatan dan memberikan rasa aman kepada masyarakat yang akan mudik menggunakan angkutan umum jelang Lebaran nanti,” paparnya.

Suwarno menjelaskan bagi armada bus yang sudah menjalani uji kelaikan dan dinilai laik, petugas langsung memasang stiker khusus di kaca depan kendaraan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Laik Jalan Langsung Diberi Stiker

“Kalau sudah kami anggap lai jalan, langsung ditempel stiker. Sedangkan yang kami rekomendasikan untuk menganti kampas rem atau ban gundul, tetap diberi stiker, tapi mereka harus melaporkan ke petugas setelah memperbaiki kampas rem atau mengganti ban tipis,”kata dia

Sementara itu, Kapolres Situbondo AKBP Dwi Sumrahadi Rakhmanto mengatakan, pemeriksaan dilakukan untuk memastikan kendaraan bus angkutan umum laik jalan menjelang arus mudik Lebaran.

“Kami mengimbau kepada pemudik yang membawa anak- anak juga harus lebih ketat menjaganya selama dalam perjalanan,”pungkasnya

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.