Sukses

Uya Kuya Berencana Pulangkan TKW Asal Bondowoso yang Terlantar di Malaysia

Video berdurasi 1.40 menit ini telah beredar di Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, dan hingga disampaikan ke Kepala Desa Jambesari.

Liputan6.com, Bondowoso - Pesohor Uya Kuya berencana membawa pulang seorang pekerja migran di Malaysia asal Bondowoso, Jawa Timur karena terlantar di jalan dan hidup di bawah kooong jembatan.

"Kita saat ini bersama Ibu Liana Bin Anwar. Ibu ini menjadi TKW di Malaysia sejak 2008. Dan beberapa bulan lalu ditemukan terlantar di jalan dan hidup di bawah kolong jembatan. Sekarang sudah dapat perlindungan KBRI," kata Uya Kuya dalam rekaman videonya, Sabtu (16/4/2023).

Uya Kuya mengatakan berencana akan membawa pulang Ibu Liana ke Indonesia, pada 16 April 2023, tapi tidak mendapatkan tiket pesawat. Sehingga tanggal 18 April 2023 pekerja migran yang terlantar itu baru bisa dipulangkan dan akan dijemput presenter Uya Kuya tersebut.

"Masalahnya Ibu Liana tidak tahu harus menghubungi keluarganya di Bondowoso. Kalau ada kepala desa yang tahu Ibu Liana bisa mengabari," katanya.

Kepala Desa Jambesari, Kecamatan Jambesari, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, Matlup Al Hidayah membenarkan bahwa Ibu Liana tersebut adalah warganya.

"Saat ini kami bersama keluarga Ibu Liana dan Dinas Ketenagakerjaan sedang berkoordinasi di balai desa. Ibu Liana memang benar warga Desa Jambesari," katanya saat dihubungi di Bondowoso, Jatim.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bertemu di Kuala Lumpur

Video berdurasi 1.40 menit ini telah beredar di Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, dan hingga disampaikan ke Kepala Desa Jambesari. Saat ini pemerintahan desa dan Pemkab Bondowoso tengah berkoordinasi untuk menjemput Ibu Liana.

Pembawa acara dan juga rapper Surya Utama atau yang dikenal Uya Kuya akan membawa pulang seorang perempuan asal Kabupaten Bondowoso yang menjadi pekerja migran Indonesia (PMI) di Malaysia, karena sebelumnya ditemukan terlantar di kolong jembatan Negeri Jiran itu.

Dalam video yang beredar, Uya Kuya menyebutkan bertemu dengan Liana Bin Anwar di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Kuala Lumpur, Malaysia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.