Sukses

Polisi Bondowoso Sita 57 Motor Berknalpot Brong, Bikin Suara Bising dan Tidak Nyaman

Menurut AKP Suryono, razia knalpot brong akan terus digencarkan di beberapa lokasi yang diduga sering dijadikan tempat berkumpul sepeda motor yang menggunakan knalpot brong.

Liputan6.com, Bondowoso - Puluhan pengendara kendaraan bermotor menggunakan knalpot brong di wilayah Bondowo, Jawa Timur kena razia Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Bondowoso, Jawa Timur.

Razia yang digelar selama dua hari terakhir itu berhasil menertibkan 57 unit sepeda motor ditindak dengan tilang karena menggunakan knalpot brong atau knalpot tidak standar yang dapat mengganggu konsentrasi pengguna jalan lainnya.

"Anggota kami menertibkan 57 unit sepeda motor menggunakan knalpot brong dan juga tidak dilengkapi dokumen kendaraan," ujar Kasat Lantas Polres Bondowoso AKP Suryono di Bondowoso, dilansir dari Antara, Minggu (26/2/2023).

Dia menjelaskan, penertiban pengguna knalpot bising ini sesuai Undang Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (UU LLAJ) Pasal 285 ayat 1 tentang kendaraan bermotor yang tidak standar atau tidak layak jalan yang meliputi penggunaan spion, lampu dan termasuk knalpot tidak standar.

Menurut AKP Suryono, razia knalpot brong akan terus digencarkan di beberapa lokasi yang diduga sering dijadikan tempat berkumpul sepeda motor yang menggunakan knalpot brong.

Karena, lanjut dia, razia knalpot yang menimbulkan kebisingan ini merespons banyaknya pengaduan dari masyarakat yang merasa tidak nyaman dan bising.

"Karena knalpot brong ini tentu mengganggu konsentrasi pengendara lain karena suara yang bising. Knalpot brong juga mengganggu orang yang lain yang sedang sakit. Maka dari itu semua yang memakai knalpot brong akan kami tindak tegas sesuai dengan peraturan berlalu lintas," ucap AKP Suryono.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ban Kecil

Satuan Samapta Polres Bondowoso juga turut membantu petugas Satlantas untuk menertibkan kendaraan bermotor yang menggunakan knalpot brong.

Kasat Samapta AKP Maryatno bersama anggotanya dalam kegiatan itu juga mengamankan 57 unit kendaraan bermotor berbagai merk yang menggunakan knalpot brong.

"Kami melaksanakan razia kendaraan roda dua yang knalpot bising dan ban kecil yang tidak sesuai dengan standar atau spesifikasinya," katanya.

Selain menindak tegas 57 unit kendaraan bermotor yang menggunakan knalpot brong, petugas juga mengamankan tiga pengendara yang kedapatan dalam pengaruh minuman keras atau beralkohol, dan petugas juga mengamankan botol miras berupa arak," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.