Sukses

Warga Banyuwangi Temukan Bayi di Depan Rumah, Diduga Sengaja Dibuang Setelah Dilahirkan

Warga Banyuwangi menemukan bayi di depan rumahnya di Jalan Adi Sucipto, Kelurahan Sobo, Banyuwangi. Bayi tersebut masih merah dengan tali pusar dan ari-ari yang masih menempel di perutnya. Diduga bayi itu sengaja dibuang setelah dilahirkan.

Liputan6.com, Banyuwangi - Seorang warga menemukan bayi di depan rumahnya di Jalan Adi Sucipto, Kelurahan Sobo, Banyuwangi. Bayi tersebut masih merah dengan tali pusar dan ari-ari yang masih menempel di perutnya. Diduga bayi itu sengaja dibuang setelah dilahirkan.

Pemilik rumah tersebut bernama Astuti (42). Dia menemukan bayi itu pada Selasa (21/2/2023) sekira pukul 01.00 WIB.

Ceritanya, Astuti saat itu hendak tidur. Di tengah heningnya malam dia dikejutkan dengan tangisan bayi. Ia yang bingung, selanjutnya membangunkan ibunya. Setelah dicek rupanya pas di meja depan rumahnya ada bayi. 

Bayi itu dibalut selimut bayi warna merah dan biru, dan di luarnya dibalut menggunakan sarung warna hitam.

"Saya cek lewat jendela, lho kok ada bayi. Posisinya ada di meja tempat saya berjualan kopi," kata Astuti, Selasa (21/2/2023).

Dia langsung melapor ke RT setempat. Tak berselang lama warga pun ramai mendatangi rumah Astuti.  Karena kedinginan bayi sempat dimasukkan ke dalam rumah. Oleh pihak RT informasi penemuan ini pun diteruskan ke polisi. Setelahnya bayi dievakuasi ke Rumah Sakit Blambangan.

Di rumah sakit ini, lanjut Astuti, bayi ini dicek kesehatannya. Rupanya bayi ini berjenis kelamin perempuan, masih ada tali pusar dan ari-ari yang menjuntai. Bobotnya 3,6 kg panjangnya 50 cm.

"Saat di rumah saya tidak berani berbuat banyak. Kelaminnnya saja saya tahu setelah di rumah sakit. Alhamdulillah kondisi bayinya sehat," bebernya.

Kabar dari pemilik toko kelontong yang berada tepat di sebelah rumah Astuti, disebutkan beberapa jam sebelum penemuan ini, sempat ada mobil yang berhenti. Pemilik mobil membeli rokok sembari menanting sarung. Gelagatnya mencurigakan.

"Ternyata sarung itu ya bayi ini yang ditaruh di depan rumah saya," tegas Astuti.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Polisi Lakukan Penyelidikan

Polsek Banyuwangi telah melakukan olah TKP.  Kapolsek Banyuwangi, AKP Kusmin mengatakan bayi itu dirawat di RSUD Blambangan. 

Selanjutnya, Polsek Banyuwangi akan berkoordinasi dengan Dinas Sosial Banyuwangi berkaitan dengan bayi tersebut.

''Untuk langkah selanjutnya, bayi tersebut kita serahkan ke pihak Dinas Sosial,'' kata Kusmin.

Kusmin menambahkan, bayi tersebut diduga sengaja dibuang oleh orang tuanya. Saat ini pihaknya masih mengumpulkan keterangan dari saksi-saksi terkait kejadian ini.

''Kami masih melakukan penyelidikan untuk mengetahui siapa pembuang bayi ini,'' pungkasnya.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.