Sukses

Rela Lesehan di Jalan Raya demi Bisa Meramaikan 1 Abad NU, Mengular hingga 2,5 Km dari Stadion Delta Sidoarjo

Pantauan Liputan6.com di lapangan, tidak hanya di dalam Stadion Gelora Delta Sidoarjo yang berkapasitas 35 ribu orang, saja yang penuh sesak dengan jemaah.

Liputan6.com, Sidoarjo - Puncak perayaan 1 Abad NU di Stadion Glora Delta Sidoarjo, dimulai tepat pukul 00.00 Wib Selasa (7/2/2023).

Ratusan ribu jamaah warga Nahdiyin dari penjuru Indonesia sejak hari Senin (6/2/2023) pagi, sudah memadati Stadion Glora Delta Sidoarjo.

Pantauan Liputan6.com di lapangan, tidak hanya di dalam Stadion Gelora Delta Sidoarjo yang berkapasitas 35 ribu orang, saja yang penuh sesak dengan jemaah.

Bahkan jalan raya di depan Stadion Glora Delta, juga dipadati warga Nahdiyin, hingga 2,5 kilometer. Para jamaah ini rela Lesehan duduk di tengah jalan raya karena Stadion Glolar Delta Sidoarjo sudah tidak mampu menampung jemaah yang terus berdatangan dari penjuru tanah Air.

"Saya terpaksa harus rela hadir di sini saja (jalan raya depan stadion) karena di dalam sudah penuh, jadi ya di sini saja, yang penting Alhamdulillah sudah bisa hadir di puncak 1 Abad Harla NU ini," ujar Ahmad Sholihin, Ketua Tanfiziah Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama, Kecamatan Giri, Banyuwangi.

Kata Sholihin, dia datang ke Sidoarjo bersama hampir 2.000 warga NU Banyuwangi dengan menggunakan puluhan bus. Dia ingin menyaksikan 100 tahun NU didirikan oleh Hadratusyeh KH Hasyim As,ari dan sejumlah ulama lainya.

"Meski hanya bisa hadir di jalan raya, saya tidak kecewa dan malah bersyukur, karena momen 1 Abad ini, sangat langkah kita harus menunggu 100 tahun lagi untuk menyaksikan harla NU yang ke 200 tahun dan kayaknya tidak mungkin umur kita sampai," papar Sholihin.

Sholohin bersama warga Nahdiyin lainya dari Banyuwangi berencana akan mengikuti puncak 1 Abad Harlah NU ini, hingga kedatangan Presiden Jokowi yang dijadwalkan Hadir pada pukul 07.00- 10.00 Wib.

"Insya Allah saya hadir sampai kedatangan Presiden Jokowi nanti. Setelah itu pulang ke Banyuwangi,"tuturnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ratusan Videotron Dipasang

Puncak 1 Abad Harla NU di Sidoarjo ini, dilaksanakan selama 24 jam. Dimulai hari Selasa (7/2/2023) dini hari pukul 00.00 Wib hingga Rabu (8/2/2023) Dino hari pukul 00.00 Wib .

Dalam kegiatan ini, panitia pelaksana telah memasang ratusan videtron atau layar lebar setiap jarak 500 meter dari Stadion Delta Sidoarjo.

Hal itu agar ratusan ribu jamaah atau warga Nahdiyin yang tidak bisa masuk ke dalam stadion tetap bisa menyaksikan serangkaian kegiatan Harla NU yang ke 100 yang ke 100 tahun ini melalui layar lebar.

Sementara itu, Budiono warga NU lainya yang ikut hadir dalam acara tersebut. Mengaku senang dan terbantu denga disediakannya layar lebar tersebut. Karena meski tidak bisa masuk dia masih bisa menyaksikan acara di Stadion Glora Delta Sidoarjo lainya melalui Vidio.

" Sangat terbantu adanya layar lebar ini meski saya tidak bisa masuk dalam stadion tapi saya tetap bisa menyaksikan acara di dalam stadion," kata Budi warga NU asal Sidoarjo tersebut

Budi akan ikut acara Harlah 100 tahun NU ini, hingga pagi. Karena dia pengen menyaksikan kemerian kegiatan tersebut.

"Sudah saya niati pengen hadir di acara Harlah 100 tahun NU ini. Karena ini momen langkah,. Kapan lagi bisa begini ,"cetusnya.

 

3 dari 3 halaman

Acara Kirab

Puncak 1 Abad Harla NU yang digelar di Stadion Glora Delta Sidoarjo ini diawali dengan Istioodsya bersama para ulama NU, di antara KH Azaim Ibrahim pengasuh Pondok Pesantren Salafiyah Safi'iyah Sukorejo, Habib Lutfi Bin Yahya dan sejumlah ulama lainya. Selanjutanya ada sholawat bersama Habib syech Bin Abdul Qodir Assegaf. Setelah rangkaian resepsi puncak 1 Abad Harla NU yang dihadiri langsung oleh Presiden Joko Widodo dan para ulama Indonesia dan dunia

Setelah itu, puncak 1 Abad Harla NU Dirangkai dengan acara kirab budaya sejauh 2 kilometer mengelilingi kota Sidoarjo.

Puncak 1 Abad Harla NU akan dilanjutkan dengan konser sejumlah musisi tanah air dan luar negeri. Diantaranya Grub Band Slank, Mahar Zain, Woro Widiyawati Soneta Grup bersama Rhoma Irama dan sejuah musisi lainya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.