Sukses

Upaya PDIP Jatim Tekan Angka Stunting dan Rayakan HUT Megawati

Liputan6.com, Surabaya - DPD PDI Perjuangan Jawa Timur membagikan nasi kotak berisi makanan sehat dan bergizi kepada masyarakat. Pembagian makanan sehat ini bagian dari rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-50 PDI Perjuangan, sekaligus HUT ke-76 Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.

Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jatim Sri Untari Bisowarno mengatakan, kegiatan ini digelar untuk melaksanakan Gerakan Hidup Sehat sesuai instruksi ketua umum. Khususnya ikut dalam upaya mengurangi angka stunting.

"Kegiatan ini sesuai instruksi DPP, sebagai bagian dari peringatan HUT ke-50 Partai dan sekaligus memperingati hari kelahiran Ketua Umum, Ibu Megawati Soekarnoputri," jelas Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jatim, Sri Untari Bisowarno di Surabaya, Senin (23/1/2023).

Politisi yang juga Ketua Fraksi PDIP DPRD Jatim ini menambahkan, menu makanan yang dibagikan benar-benar memperhatikan standar gizi yang menunjang kesehatan. Khususnya dalam tumbuh kembang anak, juga untuk ibu hamil, dan lansia.

"Teman-teman Baguna (Badan Penaggulangan Bencana) yang belanja sendiri, dimasak di dapur umum yang didirikan di halaman kantor DPD, lalu dibagikan ke masyarakat di beberapa titik di Surabaya," beber Untari.

Tidak hanya hari ini, sebutnya, dapur umum DPD PDIP Jatim nantinya tiap hari akan terus menyiapkan makanan bergizi dan dibagikan gratis ke para keluarga yang terdampak stunting.

Selain membuka dapur umum, imbuh Untari, dalam rangkaian peringatan ulang tahun Partai dan Ketua Umum Megawati juga dilakukan gerakan merawat pertiwi dengan aksi penghijauan, membersihkan sungai.

Di beberapa cabang, sebutnya, gerakan peduli lingkungan ini sudah dilakukan dengan aksi penanaman pohon.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

1.000 Porsi

Kepala Baguna PDIP Jatim Agus Wicaksono didampingi Sekretaris Baguna dr Bayu Utoro mengatakan, makanan yang disiapkan dapur umum DPD Jatim kali ini sedikitnya 1.000 porsi. Makanan dalam kotak kardus ini dibagikan di beberapa titik di Surabaya.

Menu yang disiapkan pun tidak sembarangan. Mengingat kasus gizi buruk menjadi salah satu fokus perhatian di Surabaya, Baguna menyiapkan makanan yang bisa mencegah stunting, seperti buah, daging, dan sayur-sayuran.

“Menu yang dipilih adalah yang kaya gizi. Apalagi ini khusus untuk stunting, lansia dan ibu hamil," jelasnya.

Sedang Bayu menyampaikan, bahan makanan yang disiapkan di antaranya 50 kilogram daging ayam, pisang 32 sisir, buncis, dan wortel. "Menunya yang sehat-sehat untuk warga,” ujar Bayu.

Untuk bahan-bahan makanan yang dimasak, personel Baguna memilihnya sendiri saat belanja di Pasa Mangga Dua Surabaya. “Pagi-pagi sekali kita masak. Dan sekitar pukul sepuluh mulai kita distibusikan," katanya.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS