Sukses

Ganjar-Erick Thohir Dinilai Pasangan Ideal di Pilpres 2024

Ia menjelaskan orang nomor satu di Kementerian BUMN tersebut memiliki banyak faktor yang bisa melengkapi Ganjar Pranowo di pilpres 2024 mendatang.

Liputan6.com, Jakarta - Pengamat Politik Yuari Prayanto atau Mazdjo Pray menilai duet Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo dan Menteri BUMN Erick Thohir, ideal untuk memimpin Indonesia ke depannya.

Ia menjelaskan orang nomor satu di Kementerian BUMN tersebut memiliki banyak faktor yang bisa melengkapi Ganjar Pranowo di pilpres 2024 mendatang.

Pertama, elektabilitas Erick Thohir tersebar merata di 5 Jawa yakni Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat (Jabar), Jawa Tengah (Jateng) dan Jawa Timur (Jatim) di dalam bursa cawapres Pilpres 2024. Berbeda dengan kandidat lain yang hanya terkonsentrasi di dalam satu wilayah.

Seperti halnya Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang unggul di Banten dan DKI Jakarta serta Ridwan Kamil di Jabar. Sementara Khofifah Indar Parawansa bersaing ketat dengan Erick Thohir di Jatim.

“Masyarakat memandang pasangan Ganjar – Erick Thohir pasangan ideal untuk Indonesia. Elektabilitas Erick Thohir tersebar merata di 5 jawa, hampir di semua wilayah,” terang Mazdjo Pray melalui kanal YouTube 2045 Tv, Minggu (8/1/2023).

“Berbeda dengan AHY yang hanya berkubang di Banten dan DKI Jakarta, atau Ridwan Kamil yang hanya jago di kendang sendiri dan Khofifah yang bahkan elektabilitasnya di Jatim masih dipertanyakan,” imbuhnya.

Di samping itu, Erick Thohir juga memiliki hubungan dekat dengan pemimpin yang memiliki karakter kepemimpinan layaknya Ganjar Pranowo yakni Presiden Jokowi. Bahkan ia merupakan menteri kesayangan dari Presiden Jokowi.

Eks Presiden Inter Milan tersebut sangat dipercaya oleh orang nomor satu di Indonesia lantaran bisa menyelesaikan berbagai penugasan strategis yang diberikan. Mulai dari Asian Games 2018, Ketua TKN Jokowi – Ma’ruf 2019, Ketua Pelaksana Komite Penanggulangan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC PEN), diplomat penyelamat dunia sepak bola Indonesia dan pemimpin yang berjuang menurunkan harga BBM non subisidi di Indonesia.

Maka dari itu, Mazdjo Pray tidak heran jika Erick Thohir menyandang gelar pemimpin yang sangat disayangi oleh Presiden Jokowi.

“Pantas Pak Jokowi memberi gelar Erick Thohir sebagai menteri kesayangannya. Erick Thohir memiliki keunggulan dibandingkan dengan sosok lain di pemerintahan pusat,” pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.