Sukses

Truk Alpomain Rp1,8 Miliar Mendarat di Probolinggo, Siap Tambal Sulam Jalan Rusak

Liputan6.com, Probolinggo - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Probolinggo membeli truk Alpomain untuk mempercepat proses perbaikan jalan rusak di Kabupaten Probolinggo. Truk tersebut dibeli seharga Rp 1,8 miliar melalui Perubahan Anggaran Keuangan (PAK) APBD 2022.

Wakil Bupati (Wabup) Probolinggo Timbul Prihanjoko mengatakan, Kabupaten Probolinggo memiliki 469 ruas jalan dengan total panjang jalan kabupaten sekitar 785,819 km. Dari jumlah ruas dan panjang jalan tersebut, prosentase eksisting kondisi jalan baik sebesar 60,05%, rusak sedang 19,37 % dan selebihnya rusak berat 20,58 %.

“Dari kondisi itu, Pemerintah Kabupaten Probolinggo berupaya mengatasi kondisi jalan agar dapat mewujudkan kondisi jalan mantap dan berkeselamatan. Salah satunya dengan pengadaan truk Alpomain,” katanya, Selasa (6/12/202).

Dengan truk ini, jalan yang rusak ringan dapat segera ditangani sehingga kerusakan yang semakin parah akibat pemakaian maupun iklim dapat dihindari.

“Harapannya, tidak ada lagi jalan berlubang sebab dapat langsung ditambal sulam dan tidak memerlukan waktu lama. Truk ini multifungsi sehingga dapat menghemat waktu penanganan dan tidak perlu menunggu lubang besar baru diperbaiki,” jelasnya.

Truk Alpomain ini peralatannya lengkap dalam rangka untuk mengatasi keluhan masyarakat terhadap jalan-jalan yang banyak lubang sehingga bisa cepat untuk diatasi.

“Truk Alpomain ini hanya untuk tambal sulam jalan-jalan rusak ringan dan berlubang yang ada di Kabupaten Probolinggo. Sehingga nantinya untuk percepatan penanganannya. Saat ini baru ada 1 unit truk Alpomain. Harapannya tahun depan kita belanja lagi kalau memang masih kurang,” terangnya.

Kepala DPUPR Kabupaten Probolinggo Hengki Cahjo Saputra mengungkapkan selama ini tambal sulam untuk kerusakan jalan biasanya dilakukan oleh UPT Pengelolaan Jalan dan Sumber Daya Air.

“Kami mempunyai alat tetapi efisien, sebab harus membawa alat sendiri-sendiri sehingga satu hari tidak efisien mengatasi kerusakan dan biayanya sangat mahal,” ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Atasi Kerusakan Jalan di Probolinggo

Menurut Hengki, dengan adanya truk Alpomain ini satu alat multifungsi, sekali jalan satu ruas bisa terselesaikan dan tinggal aspal dinginnya mengikuti dari belakang. Berapapun yang akan dilakukan untuk perbaikan selama stok aspal yang dibawa cukup akan terus dilakukan pembersihan.

“Habis ini kita petakan skala jalan-jalan prioritas yang harus kita lakukan perbaikan tambal sulam sehingga menguragi kerusakan yang lebih parah lagi. Sebab kalau kerusakan yang lebih parah lagi, biayanya juga semakin mahal,” terangnya.

Lebih lanjut Hengki menjelaskan truk Alpomain ini dibeli untuk mengatasi kerusakan jalan. Sebab kerusakan itu terjadi karena pemeliharaan lemah dan masih fokus hanya membangun. Setidaknya membangun dan memelihara. Jika membangun tanpa memelihara biayanya sangat tinggi.

“Truk Alpomain itu solusinya, sehingga kerusakan jalan yang lebih parah itu bisa dihambat dan anggaran kita itu dilaksanakan dengan prinsip efektif, efisien serta berdaya dan bermanfaat bagi masyarakat,” tegasnya .

 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS