Sukses

Jembatan Putus, 6 Kampung di Pesanggaran Banyuwangi Terisolasi

Liputan6.com, Banyuwangi - Hujan deras yang mengguyur Banyuwangi memutus jembatan di Kecamatan Pesanggaran. Akibatnya, ratusan warga di enam kampung tersebut saat ini terisolasi.

Jembatan yang putus itu adalah penghubung di Pal 6 Sumbergandeng, Desa Kandangan Kecamatan Pesanggaran Banyuwangi. Hujan dengan intensitas tinggi, membuat sungai Karangtambak meluap dan menggerus badan jembatan.

"Jembatan putus. Kami terisolir karena jembatan ini satu-satunya penghubung keluar perkebunan," ujar salah satu warga, M Ajishaka, Selasa (29/11/2022).

Dia menyebut sungai Karang Tambak, meluap sekitar pukul 14.00 WIB. Air berarus kencang menerjang jembatan hingga akhirnya terputus.

Wilayah yang terisolir, kata Aji, adalah Kampung Sumberlangsep, Kamplingan, Suberwaringin, Sumbergandeng, Pal 4 dan Sumbergandeng.

Sebelumnya, kata Aji, terdapat tiga jembatan penghubung enam kampung itu. Namun dua jembatan sudah putus sebelumnya karena diterjang banjir.

"Ini satu-satunya jembatan penghubung keluar perkebunan. Kami terisolir saat ini," katanya.

Untuk keluar wilayah perkebunan, kata Aji, warga terpaksa harus melintasi sungai ketika surut. Akses jalan menuju enam kampung itu sudah tidak bisa lagi digunakan saat ini.

Pihaknya berharap, dibangun jembatan darurat untuk akses jalan bagi warga. Jika tidak, ratusan KK yang berada di enam kampung itu terancam kelaparan.

"Harapan kami ada bantuan dibangun jembatan darurat. Agar kami tidak kelaparan di sini," pungkasnya. 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS