Sukses

Pemkot Surabaya Serahkan Bantuan untuk Korban Banjir di Trenggalek

Pada kesempatan tersebut, Pemkot Surabaya menyalurkan bantuan uang tunai Rp250 juta, sedangkan Pemkab Gresik memberikan bantuan senilai Rp100 juta.

Liputan6.com, Surabaya - Bantuan penangan banjir dari Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik diberangkatkan ke Trenggalek untuk membantu warga yang terdampak.

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi bersama Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani mengatakan bantuan itu akan digunakan untuk membangun rumah warga terdampak bencana di Trenggalek.

"Kami bersama Pemkab Gresik memberikan bantuan untuk pembangunan rumah di Kabupaten Trenggalek," kata Eri Cahyadi  saat menyalurkan bantuan kepada Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin di Balai Kota Surabaya, dilansir dari Antara, Kamis (17/11/2022).

Pada kesempatan tersebut, Pemkot Surabaya menyalurkan bantuan uang tunai Rp250 juta, sedangkan Pemkab Gresik memberikan bantuan senilai Rp100 juta.

Wali Kota Eri mengatakan bantuan itu diberikan kepada Pemkab Trenggalek digunakan untuk pembangunan rumah di wilayah terdampak bencana banjir bandang. "Perkiraan satu unit rumah itu Rp50 juta," ujar Cak Eri, sapaan akrabnya.

Menurut dia, Pemkot Surabaya tidak hanya menyumbang berupa uang, tetapi juga ada alat berat, sembako, walkie talkie hingga puluhan personel untuk membantu proses percepatan evakuasi di lokasi bencana di Trenggalek.

"Ini adalah komitmen bersama, sesama kepala daerah, kami saling membantu ketika terjadi suatu bencana. Kami pernah berjanji, satu rasa, satu hati," katanya.

Cak Eri berharap bantuan yang diberikan kepada Pemkab Trenggalek tersebut dapat meringankan beban masyarakat.

"Beberapa waktu lalu Sidoarjo mengalami musibah angin puting beliung, kami juga turut membantu. Begitu pula ketika Gresik mengalami musibah banjir Kali Lamong, kami juga mengirimkan bantuan. Ketika kami saling membantu, Insya Allah kita akan dijauhkan dari musibah," ujar dia.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bentuk Bantuan

Sementara itu, Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin menyampaikan terima kasih kepada Eri Cahyadi.

Bupati yang akrab disapa Mas Ipin itu mengaku tidak malu meminta bantuan ketika bencana banjir bandang menerjang dua desa di wilayah kerjanya.

"Selama itu untuk kepentingan masyarakat, saya tidak pernah gengsi meminta bantuan. Kami atas nama masyarakat Trenggalek berterima kasih banyak kepada Cak Eri dan Gus Yani, telah memberikan bantuannya kepada warga kami," kata Mas Ipin.

Plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Surabaya Hidayat Syah sebelumnya mengatakan Bangga Surabaya Peduli (BSP) mengirimkan beberapa bantuan kemanusiaan untuk bencana alam yang terjadi di Desa Bangun, Kecamatan Munjungan, Trenggalek.

Bantuan tersebut di antaranya berupa dua unit eksavator, dua unit dump truck, 1 unit truk tangki BBM dan satu unit mobil dapur umum.

"Kami juga memberikan bantuan 1.000 paket sembako, 1.813 kg beras, 14.115 bungkus mi instan, 975 buah sabun mandi, 261 kg dan 227,5 liter minyak goreng," kata Hidayat.

Hidayat menambahkan pemkot juga mengerahkan bantuan tenaga untuk mempercepat proses evakuasi dan penyaluran bantuan, yaitu mengirimkan 40 personel BPBD dan 30 personel dari Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga (DSDABM).

"Total ada 70 personel yang kami siagakan di tempat terjadinya bencana," kata Hidayat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.