Sukses

Tes Tulis Panwascam Situbondo Digeber 15 Oktober, 4 Kecamatan Tidak Penuhi Kuota Perempuan

Liputan6.com, Situbondo - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Situbondo menjadwalkan tes tulis calon anggota panwaslu kecamatan (Panwascam) dengan mengunakan tes berbasis Komputer (computer assisted test/CAT) pada 15 Oktober 2022.

Anggota Bawaslu Situbondo Slamet mengatakan, meski keterwakilan pendaftaran calon anggota panwascam perempuan  tidak mencapai 30 persen, tahapan seleksi lanjutan terus berjalan.

“Sebanyak 30 persen keterwakilan pendaftar perempuan itu berbasis kecamatan memang belum memenuhi tapi secara umum dari pendaftar pada 17 kecamatan sudah memenuhi 30 persen keterwakilan perempuan," ujar Slamet, Rabu (12/10/2022).

Ia menyebutkan, jumlah calon anggota panwascam yang mendaftar hingga akhir masa perpanjangan pada 8 Oktober 2022 sebanyak 272 orang, dengan 85 orang di antaranya adalah perempuan.

Slamet menjelaskan, pendaftaran calon anggota panwaslu kecamatan dibuka sejak 21 September hingga diperpanjang 8 Oktober 2022. Meski begitu 30 persen keterwakilan perempuan belum juga terpenuhi.

“Masih ada empat kecamatan yang belum necapai 30 persen pendaftar perempuan, yakni Kecamatan Kendit, Mangaran, Jangkar dan Bungatan,”ujarnya.

Kata Slamet, calon anggota panwaslu kecamatan yang akan dipilih dari tes tulis sebanyak 102 orang, selanjutnya tes wawancara untuk memilih 51 orang.

Meskipun keterwakilan 30 persen perempuan belum terpenuhi, proses rekrutmen panwascam akan terus berjalan. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Pilih 3 Calon

“Melalui tes tulis ini, Bawaslu akan menjaring enam orang di setiap kecamatan. Jika ada 17 kecamatan maka akan ada 51 calon panwaslu kecamatan yang akan terpilih,”katanya.

Dari enam orang itu, akan dipilih tiga orang yang akan ditetapkan sebagai anggota panwaslu kecamatan.

"Ada 3 orang setiap kecamatan yang akan terpilih nantinya,”pungkasnya.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS