Sukses

Sopir Bus Maut Tol Sumo Resmi Jadi Tersangka

Didit mengatakan, tersangka diduga melakukan unsur kelalaian sehingga menyebabkan terjadinya kecelakaan itu.

Liputan6.com, Surabaya - Wakil Direktur Ditlantas Polda Jatim, AKBP Didit Bambang Wibowo membenarkan, sopir cadangan bus maut kecelakaan di Tol Surabaya-Mojokerto (Sumo), Ade Firmansyah (28) kini resmi berstatus tersangka.

"Sopir tersebut terbukti melakukan unsur kesengajaan sehingga menyebabkan insiden kecelakaan yang mengakibatkan korban jiwa," ujar Didit di Mapolda Jatim, Kamis (19/5/2022).

Unsur kesengajaan tersebut, lanjut Didit, adalah sopir terbukti mengonsumsi sebuah jenis narkotika. Hal itu dibuktikan dari hasil tes urine dan tes sampel darah yang dilakukan Laboratorium Forensik (Labfor).

"Maka hari ini, dari hasil gelar perkara. Sudah ditingkatkan statusnya dari saksi sudah menjadi tersangka," ucapnya.

Didit mengatakan, tersangka diduga melakukan unsur kelalaian sehingga menyebabkan terjadinya kecelakaan itu.

"Cara yang membahayakan. Jadi lebih ke arah kesengajaan. Jadi mengapa dia mengonsumsi salah satunya narkotika. Jadi yang berkemudi itu dirinya harus sehat jasmani dan rohani," ucapnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ancaman Penjara

Tersangka, kata Didit, bakal dikenai Pasal 310 Ayat 4 UU RI No 22 Tentang Lalu Lintas, dengan ancamannya enam tahun denda Rp 12 juta.

Dan, atau Pasal 311 Ayat 5 UU RI Nomor 22 Tentang Lalu Lintas Angkutan Jalan Raya, dengan ancaman hukuman 12 tahun denda Rp 24 juta.

"Ancaman hukumannya nanti lebih dari 5 tahun. Nanti apakah di Pasal 310 ayat 4, atau di Pasal 311 ayat 5, dimana letak unsur kesengajaannya," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.