Sukses

15 Tahun Mangkrak, Pasar Turi Baru Surabaya Mulai Beroperasi Hari Ini

Pembukaan Pasar Turi Baru itu diawali dengan pengajian dan tasyakuran bersama para pedagang di halaman Pasar Turi Baru.

Liputan6.com, Surabaya - Sempat terbengkalai 15 tahun karena kebakaran 2007, Pasar Turi Baru Surabaya akhirnya resmi beroperasi.

"Semua pedagang yang ada di TPS (tempat penampungan sementara) harus masuk tanpa terkecuali," kata Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi saat pembukaan, Senin (21/3/2022), dikutip dari Antara. 

Pembukaan Pasar Turi Baru itu diawali dengan pengajian dan tasyakuran bersama para pedagang di halaman Pasar Turi Baru. Dalam doa bersama itu, hadir semua koordinator pedagang Pasar Turi beserta para anggotanya.

Acara itu dimulai dengan istigasah, lalu pengajian dan ditutup doa bersama. Selanjutnya, ada pemotongan tumpeng dari Eri yang diberikan kepada salah satu koordinator pedagang Pasar Turi Syukur. 

Prosesi pembukaan Pasar Turi Baru itu juga ditandai dengan pemotongan untaian melati yang didampingi oleh para ulama, pihak investor sekalgus pengelola Pasar Turi Baru PT Gala Bumi Perkasa, dan juga semua koordinator pedagang Pasar Turi Baru. 

Eri mengatakan, para pedagang harus masuk semuanya ke gedung Pasar Turi Baru. Pemindahan barang pedagang itu akan dibantu oleh jajaran Pemkot Surabaya, dan selanjutnya TPS akan dibongkar.

"Saya ucapkan terima kasih kepada PT Gala Bumi Perkasa karena sudah mau menampung semuanya," kata Eri.

Eri juga menjelaskan, bahwa dalam membangun sesuatu harus ada gotong royong dan kekeluargaan, sehingga yang kaya bisa membantu yang lemah.

"Sama juga dengan kondisi di Pasar Turi. Jadi, kalau ada yang tidak mampu, ya, minta keringanan, Alhamdulillah dari PT Gala Bumi Perkasa sudah menyampaikan kalau ada yang meminta keringanan akan dibantu, karena kan tidak mungkin semuanya. Silakan diajukan, nanti saya sendiri dan jajaran pemkot yang akan mengawalnya," ujarnya.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Komitmen

General Manager Pasar Turi Baru Teddy Supriyadi menyampaikan terima kasih banyak kepada Wali Kota Eri karena sudah meluangkan waktunya untuk membuka Pasar Turi Baru.

Ia menjelaskan bahwa hari ini adalah momentum relokasi pedagang pasar turi, terutama yang ada di TPS untuk pindah ke dalam gedung Pasar Turi Baru.

"Insya Allah komitmen dari semua elemen pedagang bersama-sama berkomitmen untuk mulai masuk dan menata barang dagangannya di Pasar Turi Baru ini. Hingga saat ini sudah banyak yang melakukan serah terima kunci dan sudah bersiap berjualan di dalam Pasar Turi Baru," katanya. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.