Sukses

Keluar Masuk Pasien Covid-19 di Isoter SKB Pandanwangi Kota Malang

Isoter SKB Pandanwangi untuk pasien Covid-19 di Kota Malang baru diaktifkan sepekan lalu, Kapasitasnya selalu nyaris penuh.

Liputan6.com, Malang - Tempat isolasi terpadu atau isoter Kota Malang di gedung Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Pandanwangi telah terisi 39 pasien Covid-19 sampai dengan Selasa (22/2/2022). Jumlah pasien yang menjalani isolasi cenderung bertambah.

Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko datang mengecek kondisi dan seluruh sarana prasarana pendukung SKB Pandanwangi. Termasuk asupan nutrisi maupun obat dan vitamin untuk pasien Covid-19 di Malang kota yang menjalani isolasi di sini.

“Selama beberapa hari ini ada pasien yang sembuh dan sudah pulang, tapi ada pula yang baru masuk isolasi di sini,” kata Sofyan Edi di Malang, Selasa, 2 Februari 2022.

Gedung SKB Pandanwangi digunakan untuk isoter pasien Covid-19 di sejak 17 Februari 2022 lalu dengan kapasitas 52 bed. Pengaktifan tempat ini seiring pula peningkatan kasus baru. Sejak saat itu, tak sedikit pasien gejala ringgan maupun tanpa gejala keluar masuk isoter itu.

Sofyan Edi mengimbau targa tak perlu panik bila dinyatakan positif, khususnya jika tanpa disertai gejala klinis. Bila merasa lebih baik isolasi mandiri di rumah, maka dipersilakan. Sebaliknya, dapat juga isolasi di isoter tersebut.

“Warga bila isoman pun pemkot mempersiapkan telemedicine untuk layanan kesehatan sekaligus obat-obatan,” ujar Sofyan Edi.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang, Husnul Muarif, mengatakan jumlah pasien Covid-19 di Malang yang menjalani isolasi di gedung SKB Pandanwangi memiliki gejala ringan maupun tanpa gejala dengan syarat tertentu.

“Pasien tanpa gejala yang menjalani isolasi di sini karena tak memungkinkan isoman di rumah,” ujar Husnul.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rencana Isoter Tambahan

Pemkot Malang sendiri berencana menambah satu gedung untuk digunakan tempat isoter tambahan. Yakni Gedung Balai Besar Bina Pemerintahan dan Desa milik Kemendagri berkapasitas 80 tempat tidur yang berada di Jalan Langsep Kota Malang.

“Penambahan isoter itu sedang kami usahakan, surat resmi sudah kami kirim,” ujar Husnul.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) pada Februari 2022 menerbitkan Surat Edaran nomor 4 tahun 2022 tentang pemanfaatan gedung pusat pendidikan sebagai dan pelatihan sebagai fasilitas isolasi terpusat pasien Covid-19.

“Kan berdasarkan SE Menpan RB semua gedung diklat milik pemerintah bisa dipakai isoter, jadi kami mengajukan izin itu,” kata Husnul.

Sementara itu berdasarkan data Info Covid-19 Jawa Timur, pada Selasa, 22 Februari 2022 di Kota Malang tercatat ada 563 kasus baru dan 461 pasien dinyatakan sembuh. Secara keseluruhan di kota ini masih 2.578 kasus aktif.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.