Sukses

Kawal Raperda Ponpes, Fraksi PDIP Akan Tur ke Sejumlah Pesantren

Liputan6.com, Surabaya - Ketua Fraksi PDIP DPRD Jawa Timur Sri Untari Bisowarno menegaskan, pihaknya bakal mengawal ketat pembahasan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Pengembangan Pondok Pesantren.

“Kita akan kawal dan ikut membahas dengan intens, bahkan juga kunjungan ke beberapa pondok pesantren di Jawa Timur,” kata Untari, Rabu (10/3/2021).

Tak hanya kunjungan ke beberapa pesantren, untuk menambah bekal dalam pembahasan Raperda Ponpes, Fraksi PDI Perjuangan juga mengundang ulama pengasuh ponpes.

Seperti yang dilakukan pada Selasa 9 Maret kemarin, pihaknya mengundang pengasuh Yayasan Pesantren Mukmin Mandiri Sidoarjo Muhammad Zakki, di ruang Fraksi PDI Perjuangan DPRD Jatim.

Di depan anggota fraksi, Kiai Zakki banyak memberi masukan kepada anggota Fraksi PDI Perjuangan, khususnya bagi anggota fraksi yang masuk Pansus Raperda Ponpes, sebagai bahan pembahasan.

“Masukan dari Pak Kiai Zakki, tentu sangat berharga bagi kami sebagai bekal dalam pembahasan Raperda Ponpes. Sehingga nantinya perda ini benar-benar menyentuh pesantren, dan tepat sasaran,” ujarnya.

Anggota Pansus Perda Pondok Pesantren Erma Susanti menambahkan, pihaknya menghadirkan narasumber terkait perda yang sedang dibahas ini adalah gagasan Ketua Fraksi, Sri Untari Bisowarno.

"Ide ini bagus sekali dan ini coba kami laksanakan. Ternyata sangat bermanfaat karena memberi wawasan lebih luas lagi kepada kami. Nanti tradisi ini kami teruskan mengundang pakar-pakar sesuai dengan perda yang dibahas untuk berdiskusi di fraksi kami," kata Erma.

Hal itu diamini Sri Untari. Menurutnya, kedekatan PDI Perjuangan dengan kalangan pondok pesantren merupakan, amanah dari guru besar kader Banteng, Bung Karno.

"Yang harus terus kami jaga keharmonisan hubungannya. Dulu bung Karno kan sangat akrab dengan para kiai dan ulama maka kami melanjutkan tradisi itu," jelas Untari.

"Apalagi kami sadari bahwa pondok pesantren adalah salah satu pilar penting dalam menjaga keutuhan NKRI. Maka sudah sangat wajar jika kami cukup serius turut andil dalam pembahasan Raperda Pondok Pesantren. Semoga Raperda ini nanti membawa kemaslahatan untuk kita semua," tuturnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bangun Karakter

Sementara itu, dalam paparannya, Kiai Zakki mengatakan, untuk melakukan pengembangan pesantren menuju pesantren entrepreneur yang selaras dengan Program one pesantren one product, tidak bisa dipukul rata.

“Kalau pesantren entrepreneur ini harus didekati dengan cara yang pas, tidak semua pesantren itu entrepreneur. Kalau karakter entrepreneur-nya tidak terbangun, maka tidak akan bisa berhasil,” beber Kiai Zakki.

Menurutnya, langkah awal untuk membangun pondok pesantren berbasis entrepreneur adalah dengan membangun karakter santripreneur. Kalau karakter santri sudah terbentuk maka akan muncul jihadpreneur, yakni jihad untuk bekerja dan itu bagian dari ibadah.

“Pesantrenpreneur ini pertama penguatan karakterpreneur. Kalau karakter ini tidak dibentuk di pesantren, apapun yang kita berikan pasti mubazir. Penguatan manajemen ini penting menurut saya dan sering saya sampaikan bahwa pesantren itu harus dikelola secara profesional, kemudian jangan memproduksi produk tapi kuasai pasar terlebih dahulu,” jelasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.