Sukses

Terminal Purabaya Kembali Beroperasi, Cek Syarat bagi Penumpang dan Pengelola Bus

Terminal Purabaya kembali beroperasi diterapkan tatanan normal baru atau new normal dengan persyaratan ketat yang mewajibkan protokol kesehatan bagi perusahaan otobus yang beroperasi.

Liputan6.com, Jakarta - Terminal  Purabaya Surabaya di Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur telah dibuka kembali untuk melayani penumpang bus antarkota dalam provinsi (AKDP) dan antarkota antarprovinsi (AKAP) sejak berakhirnya pembatasan sosial berskala besar di Surabaya Raya sejak Selasa, 9 Juni 2020.

Dengan beroperasinya kembali Terminal Purabaya Surabaya, diterapkan tatanan normal baru atau new normal dengan persyaratan ketat yang mewajibkan protokol kesehatan bagi perusahaan otobus yang beroperasi.

"Ada beberapa syarat yang harus diperhatikan, yakni sopir, kernet hingga kondektur harus memiliki surat keterangan sehat. Selain itu, mereka wajib menggunakan masker, sarung tangan dan menerapkan jarak pada penumpang di bus," tutur Kepala UPT Terminal Purabaya Imam Hidayat, seperti dikutip dari Antara, ditulis Sabtu, (13/6/2020).

Selain itu, jika bus hendak berangkat, pihaknya mewajibkan perwakilan PO menyemprot busnya menggunakan disinfektan agar kebersihan di bus terjamin.

Terminal Purabaya juga mewajibkan penggunaan masker hingga melewati proses screening suhu badan dengan kamera scanner yang ada di beberapa titik di terminal bagi penumpang.

"Penambahan lain bagi penumpang untuk protokol kesehatan, dulu hanya masker sekarang penambahan surat sehat. Tapi, selama ini surat sehat baru sosialisasi, mungkin ke depannya kalau ke sini lagi harus bawa surat sehat," ujar dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Masih Sepi

Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, seperti ada orang terpapar COVID-19, petugas kesehatan dari PMI berjaga-jaga di Terminal Purabaya.

"Jika ditemukan orang terpapar COVID-19 akan ditangani sesuai prosedur, yakni dibawa ke puskesmas, jika memang kondisinya sudah berat maka langsung dibawa ke RSUD Sidoarjo," ujar dia.

Dari pantauan di lapangan, penumpang di terminal memang masih sepi, hanya ada beberapa penumpang yang hendak naik bus.

Imam mengakui sepinya penumpang karena minimnya armada bus beroperasi yang disebabkan beberapa daerah masih menerapkan PSBB dan juga masih tingginya angka COVID-19.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.