Sukses

Gubernur Khofifah Bacakan Shalawat Tibbul Qulub di Tengah Pandemi COVID-19

Shalawat Tibbul Qulub merupakan satu dari sekian shalawat Nabi Muhammad yang mengandung banyak khasiat. Shalat ini dipercaya mampu mengobati beragam penyakit, sehingga cocok dibaca saat pandemi corona COVID-19.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa membacakan doa shalawat Tibbul Qulub di unggahan instagram pribadinya @khofifah.ip pada Rabu, 8 April 2020.

Hingga berita ini ditayangkan, ungghan dari Gubernur perempuan pertama Jawa Timur tersebut telah ditonton sebanyak 7.271 kali dengan komentar sebanyak 387 orang.

Shalawat Tibbul Qulub merupakan satu dari sekian shalawat Nabi Muhammad yang mengandung banyak khasiat. Dikutip dari Liputan6, shalawat ini dipercaya mampu mengobati beragam penyakit, sehingga cocok dibaca saat pandemi corona COVID-19 berlangsung.

Berikut Bacaan Shalawat Tibbul Qulub

Allahumma sholli 'alaa Sayyidinaa Muhammadin

Ya Allah limpahkanlah rahmat kepada junjungan kami Nabi Muhammad SAW

Thibbil qulubi wa dawa ihaa

Sebagai obat hati dan penyembuhnya

Wa'aafiyatil abdaani wa shifaa ihaa

Penyehat badan dan kesembuhannya

Wa nuuril abshoori wa dhiyaa ihaa

Sebagai penyinar penglihatan mata beserta cahayanya

Wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa sallim

Dan semoga rahmat tercurah limpahkan kepada para sahabat beserta keluarganya

Selanjutnya, Gubernur Jawa Timur itu menyampaikan hadis Nabi dalam caption video tersebut. Bunyinya, Rasulullah Shallallahu' alaihi Wasallam bersabda: "Tidak ada yang dapat menolak takdir (ketentuan) Allah Ta'ala selain Doa. Dan tidak ada yang dapat menambah (memperpanjang) umur seseorang selain (perbuatan) baik." (HR Tarmidzi).

 

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cara Mengamalkannya

Untuk mendapatkan keutamaan saat membaca Sholawat Tibbil Qulub, ada beberapa cara mengamalkannya. Melansir dari kanal NU, kamu bisa membaca Sholawat Tibbil Qulub dengan kaifiyah atau cara membaca yang umum.

Sehingga orang yang istiqamah membaca Sholawat Tibbil Qulub ini dalam bilangan berapapun akan diberikan kesehatan lahir dan batin serta akan disembuhkan dari berbagai penyakit atas seizing Allah SWT.

Sedangkan cara membaca Sholawat Tibbil Qulub secara khusus, umunya cenderung berbeda-beda sesuai dengan ulama yang menganjurkan bacaan sholawat ini agar dibaca dalam jumlah tertentu. Salah satu cara membaca Sholawat Tibbil Qulub seperti yang dijelaskan dalam kitab Sa’adah ad-Daraini fi as-Shalat ala Sayyid al-Kaunaini yang artinya,

“Shalawat ini merupakan lafal shalawat penyembuh lahir dan batin. Dibaca 2.000 kali untuk menyembuhkan segala penyakit. Dan menurut sebagian pendapat dibaca sebanyak 400 kali, maka penyakit tersebut akan sembuh atas seizing Allah” (Syekh Yusuf bin Ismail, Sa’adah ad-Daraini fi as-Shalat ala Sayyid al-Kaunaini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.