Sukses

Ingin Semprot Disinfektan Mandiri di Rumah? Perhatikan Tempat dan Benda Ini

BPBD Jawa Timur mengusulkan kepada masyarakat untuk menyemprot disinfektan secara mandiri.baik di rumah dan tempat kerja.

Liputan6.com, Jakarta - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur mengusulkan kepada masyarakat untuk menyemprotkan disinfektan secara mandiri baik di rumah dan tempat kerja.

Kepala Seksi Rehabilitasi BPBD Jawa Timur, Surhalina Kusuma menuturkan, bahan semprotan disinfektan sama seperti produk cairan untuk mengepel lantai.

"Bahannya banyak dijual di pasaran. Lalu dicampur air. Cum aitu saja bahannya,” ujar dia di sela mendampingi Tim BPBD Jawa Timur ketika melakukan penyemprotan disinfektan di lingkungan SD Khadijah III, Jalan Raya Lontar Candi Lempung, Kecamatan Sambikerep Surabaya, Senin (23/3/2020), seperti dikutip dari Antara.

Suharlina menuturkan, penyemprotan disinfektan, seperti yang dilakukan Tim BPBD Jawa Timur di SD Khadijah 3 Surabaya pada Senin, 23 Maret 2020, maksimal bisa ampuh mencegah virus selama tiga sampai empat hari. "Karenanya perlu dilakukan penyemprotan disinfektan secara berkala minimal setiap empat hari sekali dan masyarakat bisa melakukannya secara mandiri," ujar dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perlu Diperhatikan Tempat Penyemprotan

Suharlina menuturkan ketika penyemprotan disinfektan dilakukan secara mandiri perlu diperhatikan tempat-tempat atau benda yang biasanya dijamah oleh tangan, seperti meja, kursi dan gagang pintu.

Kepala SD Khadijah 3 Surabaya Nurul Hidayati menandaskan kegiatan hari ini menggandeng BPBD Jawa Timur melakukan penyemprotan disinfektan sebagai ikhtiar waspada penyebaran virus corona atau COVID-19, selain juga agar lingkungan sekolah lebih sehat.

"Sekaligus untuk mengisi kekosongan karena anak-anak sedang diwajibkan belajar di rumah selama terjadi wabah COVID-19. Sehingga nanti ketika anak-anak kembali masuk sekolah, lingkungannya terasa lebih sehat. Para orang tua juga tidak perlu merasa khawatir ketika anak-anaknya berada di sekolah," ucapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.