Sukses

Jared Leto Debat Soal Transgender Perihal Dallas Buyers Club

Meski Jared Leto mendapat pujian berkat aktingnya sebagai transgender di Dallas Buyers Club, ada satu orang yang tidak menyukainya.

Aktor sekaligus rocker Jared Leto, belakangan mendapat sambutan meriah saat penampilannya dalam film Dallas Buyers Club dipertontonkan di Festival Film Internasional Santa Barbara. Namun, ada satu audiens yang tidak menyukai perannya sebagai wanita transgender dalam film itu.

Insiden tersebut dialami oleh vokalis band 30 Seconds to Mars itu saat berada di atas panggung untuk mengisi sesi tanya jawab yang sudah diselenggarakan oleh panitia festival film tahunan tersebut.

Jared yang juga meraih piala Virtuosos Award berkat akting cerdasnya sebagai wanita transgender penyandang HIV positif bernama Rayon itu, mendapat teriakan dari seorang wanita yang tidak setuju dengan aktingnya di Dallas Buyers Club.

"Trans-misogini (kebencian terhadap kaum wanita) tidak layak mendapat satu pun penghargaan," teriak wanita tersebut yang diketahui merupakan seorang transgender, seperti diwartakan Ace Showbiz.

Jared pun kemudia menghentikan wawancara dan mengklarifikasi kalimat yang dilontarkan sang wanita. "Kamu tidak layak mendapat satu pun penghargaan untuk menggambarkan seorang wanita transgender, karena kamu adalah seorang pria," tukas sang wanita.

Secara perlahan dan hati-hati, Jared pun membalasnya, "Hanya karena saya seorang pria, saya tidak pantas untuk bermain di bagian itu? Jadi Anda memegang peranan terhadap seseorang yang merupakan gay atau lesbian, mereka tidak bisa bermain sebagai orang berorientasi normal?"

Kemudian dilanjutkan lagi oleh Jared, "Lalu anda sudah memastikan orang-orang yang gay, orang-orang yang tidak berorientasi normal, orang-orang seperti Rayons di seluruh dunia tidak akan pernah memiliki kesempatan untuk membalikkan keadaan dan mengeksplorasi bagian-bagian seni tersebut."

Akhirnya Jared Leto pun mengundang sang wanita untuk melanjutkan pembicaraan di belakang panggung. Mereka mengobrol secara ramah bersama teman-teman sang wanita setelah sesi tanya jawab selesai.

Selain Jared Leto, bintang-bintang lain yang mendapat pujian di festival tersebut adalah Michael B. Jordan (Fruitvale Station), Brie Larson (Short Term 12), June Squibb (Nebraska), Daniel Bruhl (Rush), Adele Exarchopoulos (Blue Is the Warmest Color), dan Oscar Isaac (Inside Llewyn Davis).

Jared juga mengaku bahwa inspirasi yang didapat saat untuk memerankan Rayon adalah ketika ia menemui seorang anak laki-laki Jerman berusia 14 tahun yang terlahir sebagai perempuan di sela-sela tur bandnya.

Dallas Buyers Club belakangan meraih nominasi Piala Oscar di ajang Academy Awards ke-86 dalam kategori Best Picture dan Best Original Screenplay. Jared Leto menerima nominasi Best Supporting Actor.(Rul)

Baca juga:

Jared Leto, Perjalanan dari Panggung Rock ke Piala Oscar

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini