Sukses

Sebelum Jadi Pelawak, Aziz Gagap Jualan Bakwan

Komedian Aziz Gagap tak pernah lupa dengan perjuangannya menembus ingar bingar dunia hiburan Tanah Air tanpa bekal pendidikan yang cukup. Karena ekonomi keluarga yang pas-pasan, Aziz terpaksa tak bisa melanjutkan pendidikan hingga ke bangku perguruan tinggi.

"Sekolah cuma tamat SD gitu, mau sekolah susah karena biaya. Akhirnya belajar otodidak. Pekerjaan apapun dibuat pelajaran buat Aziz," ucap Aziz saat ditemui di Studio Guet, Perdatam, Jakarta Selatan, Rabu (15/1/2014) malam.

Aziz melanjutkan, saat teman-teman sebayanya pergi ke sekolah, ia justru bekerja untuk menjajakan dagangan yang keuntungannya digunakan untuk membantu ekonomi kedua orangtuanya.

"Kalau dulu anak-anak sekolah, Aziz dagang. Dagang kue serabi, bakwan, dan lontong. Berat memang, tapi itulah hidup. Harus dijalani dengan penuh perjuangan," ungkapnya.

Bintang sitkom Opera Van Java ini pun meminta kepada anak-anak putus sekolah agar tak terus menerus meratapi nasib. Dengan memperdalam ilmu yang disukai, Aziz meyakini kalau orang-orang yang tak punya latar belakang pendidikan tinggi juga bisa bersaing di zaman serba modern.

"Kalau kita bicara pendidikan, lihat manusianya juga. Walaupun dia punya pendidikan tinggi, tapi dia nggak punya kemauan dan semangat untuk berubah, ya nggak mugkin dia akan jadi orang sukses," tutup dia.(Gie/Mer)