Sukses

Band Ungu Sorot Orang-orang yang Suka Main Hakim Sendiri dalam Lagu Baik dan Burukmu, Single Menyambut Ramadhan 2024

Bisa dibilang, “Baik dan Burukmu” adalah persembahan spesial band yang Ungu digawangi oleh Pasha cs jelang Ramadhan 2024.

Liputan6.com, Jakarta Melanjutkan tradisinya di setiap bulan suci Ramadhan, band Ungu (ditulis UNGU -Red) yang beraliran pop dan rock, kembali merilis karya terbaru yang berjudul “Baik dan Burukmu”.

Bisa dibilang, “Baik dan Burukmu” adalah persembahan spesial band yang Ungu digawangi oleh Pasha (vokal), Enda (gitar), Oncy (gitar), Makki (bass), dan Rowman (drum) itu.

Pasalnya, Ungu sebelumnya kerap meluncurkan karya berupa lagu remake atau kolaborasi dengan beberapa musisi lain. “Baik dan Burukmu” adalah hasil brainstorming Enda dan Oncy dalam memahami arti hidup manusia selama berada di dunia secara mendalam.

Lagu ini dikemas dengan nuansa slow pop, diiringi oleh petikan gitar, strings, serta hentakan musik dalam format full band. Menjelang akhir, “Baik dan Burukmu” terdengar khidmat sekaligus menegaskan pesan dalam liriknya.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cocok sebagai bahan renungan

Hal-hal tersebut menjadikan lagu ini cocok sebagai bahan renungan yang tepat selaman bulan puasa, terutama Ramadhan 2024 yang sudah mulai dekat.

“Akhir-akhir ini, semakin banyak orang yang berburuk sangka dan main hakim sendiri sampai menuduh orang lain bersalah dan berdosa,” ucap Oncy dalam keterangan rilis.

"Padahal, sesungguhnya, Yang Maha Mengetahui tentang benar atau salahnya setiap makhluk adalah Tuhan. Baik dan burukmu, hanya Tuhan yang tahu," sambungnya.

 

 

3 dari 4 halaman

Sempat Mandek di Bagian Reffrain

Lebih lanjut, Enda menyampaikan bahwa lagu ini sempat mandek sebentar lantaran ada bagian reffrain yang belum ditemukan. Hingga akhirnya, Pasha berhasil menemukannya. 

“Awalnya, saya yang menulis lirik dan Oncy yang membuat notasi. Di tengah-tengah proses, saya dan Oncy tidak menemukan reff yang tepat untuk lagu ini. Suatu hari, ketika Ungu sedang berada di studio, Pasha secara tidak sengaja menemukan reff-nya,” jelas Enda.

 

4 dari 4 halaman

Video klipnya

Video klip “Baik dan Burukmu” digarap oleh Sutedja Khoa (Guava Productions) dan menampilkan banyak hal, mulai dari ambiguitas, konotasi, serta sudut pandang seseorang.

“Ada suatu hal atau kejadian yang kita nilai atau pandang negatif, padahal kita belum paham lebih dalam terkait itu. Bahkan, kita tidak melihat dan mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi. Nah, UNGU menampilkannya dalam video musik 'Baik dan Burukmu',” kata Oncy.

“Kami berharap 'Baik dan Burukmu' dapat menghibur teman-teman semua, membawa hidup kita dan orang-orang sekitar untuk menjadi lebih lagi, serta menyadarkan kita bahwa tidak semua hal yang ‘terlihat jelek’ benar-benar buruk. Terkadang, ada makna indah di balik itu semua. Kita saja yang terlalu mudah dan cepat menghakimi sesuatu atau seseorang,” tutup Pasha.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini