Sukses

Perjuangan Vino G Bastian Jadi Buya Hamka, Tetap Sulit Meski Pernah Perankan Chrisye dan Djamin Ginting

Vino G Bastian memerankan Buya Hamka. Sebelumnya, ia menjadi Chrisye dan Djamin Ginting dalam 3 Nafas Likas. Meski begitu, peran ini tetap menantang.

Liputan6.com, Jakarta Dalam film Hamka & Siti Raham, Vino G Bastian memerankan sastrawan legendaris Buya Hamka. Ini bukan kali pertama Vino G Bastian membintangi film biografi. Sebelumnya, ia menjadi Chrisye di film Chrisye dan Djamin Ginting dalam 3 Nafas Likas.

Meski demikian, Vino G Bastian menyebut syuting Hamka & Siti Raham tetap menantang. Kepada Showbiz Liputan6.com di Jakarta, Jumat (8/12/2023), suami Marsha Timothy membagikan sejumlah alasan.

“Karenanya range umurnya jauh sekali. Yang di part selanjutnya (volume 3) saya main dari Buya Hamka umur 16 tahun sampai di volume kedua, ending filmnya tuh yang ini,” ungkap Vino G Bastian.

Karenanya sebagai aktor, ia harus mempelajari perubahan maupun perkembangan karakter Buya Hamka seiring bertambahnya usia. Dari gaya bicara hingga pergeseran sudut pandangnya sebagai tokoh.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Yang Paling Sulit Adalah

“Yang paling sulit adalah menjaga pace-nya sih, karena Buya muda itu secara dialognya meletup-letup. Speed dramanya cepat,” ujar bintang film Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss!

Dalam Hamka & Siti Raham Volume 2, gaya bicara Buya Hamka cenderung lambat dan lirih. Ini merujuk pada sejumlah dokumentasi rekaman suaranya yang ditelaah Vino G. Bastian sebelum syuting.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Jaga Drama Agar Tak Hilang

Di sinilah tantangannya. Gaya bicara yang lambat dan lirih bisa berdampak pada dinamika cerita juga konflik. Maka, grafik konflik harus ditata sedemikian rupa agar penonon tidak jenuh.

“Bagaimana caranya menjaga dramanya biar enggak hilang, (penonton) enggak bosan, dan enggak terlalu menjadi ceramah terus (di setiap adegan),” Vino G Bastian menambahkan.

 

4 dari 4 halaman

Lihat Catatan Saya Sendiri

Saking antusias memerankan Buya Hamka, ia sampai membuat catatan-catatan kecil terkait emosi karakter agar bisa memerankan dengan pas di depan kamera. Tak heran jika akting Vino G Bastian panen pujian kritikus maupun penonton.

“Kadang-kadang saya harus melihat catatan saya sendiri yang saya buat grafiknya, di sini tuh harusnya kita secara emosi seperti apa. Kita pakai metronome juga, secara ketukan dialognya tuh seberapa di umur segini. Biar terjaga terus,” tutupnya.

Hamka & Siti Raham yang diproduksi Falcon Pictures, Starvision, bersama MUI, akan tayang di bioskop mulai 21 Desember 2023. Seperti diketahui, Buya Hamka volume pertama yang dirilis 19 April 2023 sukses menyerap 1,2 jutaan penonton.

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini