Sukses

Mengenang Perjuangan Buya Hamka Selesaikan Tafsir Al-Azhar Dalam Film, Dibintangi Vino G Bastian

Vino G Bastian menjelaskan, film Hamka & Siti Raham memotret fase hidup dari kisah cinta, persahabatan dengan Soekarno, hingga soal tafsir Al-Azhar.

Liputan6.com, Jakarta Desember 2023 bulan penting bagi Vino G Bastian dan Laudya Cynthia Bella. Keduanya membintangi film biografi Buya Hamka berjudul Hamka & Siti Raham (Volume 2) yang akan tayang di bioskop mulai 21 Desember 2023.

Vino G Bastian menjelaskan, film Hamka & Siti Raham memotret berbagai fase hidup Buya Hamka, dari kisah cinta, persahabatan dengan Soekarno, hingga menyelesaikan tafsir Al-Azhar.

“Tafsir Al-Azhar berasal dari ceramah atau kuliah subuh yang disampaikan Hamka di Masjid Agung Al-Azhar sejak tahun 1959. Namun, hingga pengujung tahun 1964, pengerjaannya belum juga selesai,” katanya.

Sementara itu, sutradara Fajar Bustomi menjelaskan, pengerjaan kitab tafsir Al-Azhar terhenti saat Buya Hamka ditangkap penguasa Orde Lama. Insiden penahanan ini rupanya membawa sejumlah hikmah.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penangkapan dan Kesempatan Besar

“Penangkapan ini justru memberi kesempatan besar bagi Hamka merampungkan penulisan tafsir Al-Azhar,” ujarnya lewat pernyataan tertulis yang diterima Showbiz Liputan6.com, Senin (4/12/2023).

Hamka & Siti Raham membeberkan proses Hamka merampungkan tafsir Al-Azhar di dalam tahanan. Saat bebas, Siti Raham beserta anak-anak menyambut dengan sukacita dan memberinya hadiah kitab tafsir Al-Azhar yang sudah dijilid.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Hikmah di Balik Penjara

Inilah salah satu adegan paling meremas hati penonton maupun Fajar Bustomi sebagai pengagum Buya Hamka. Penjara tak membuatnya kehilangan kreativitas dan semangat untuk menjadi manfaat bagi umat.

“Allah SWT selalu memberi hikmah dalam tiap kejadian yang dialami umatNya. Kalau Hamka tak dipenjara, belum tentu ia bisa menyelesaikan tafsir Al-Azhar. Apalagi, waktu itu beliau sangat sibuk berdakwah,” Fajar Bustomi mengulas.

 

4 dari 4 halaman

Peran Siti Raham

Hamka & Siti Raham juga menggambarkan bagaimana Siti Raham menjadi pasangan sepadan. Ia setia mengawal suami melewati pasang surut karier. “Siti Raham pula yang mengingatkan Buya Hamka untuk menyelesaikan tafsir Al-Azhar,” pungkasnya.

Selan Vino G. Bastian dan Laudya Chyntia Bella, film yang diproduksi Falcon Pictures bersama Starvision Plus ini diperkuat Anjasmara, Alfie Alfandi, Bima Azriel serta Roy Sungkono.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini