Sukses

Gigi Hadid Menyesal Repost Unggahan soal Tawanan Anak Palestina di Israel, Langsung Tanggung Jawab Akui Kesalahan

Gigi Hadid berharap semua tawanan bisa kembali dengan aman, juga kedamaian bisa hadir untuk warga Gaza dan Israel.

Liputan6.com, Jakarta Gigi Hadid termasuk salah satu selebritas Hollywood yang vokal menyuarakan pro-Palestina. Namun baru-baru ini, sebuah unggahan yang ia bagikan ulang membuat ia terbelit kontroversi.

Dilansir dari The Hollywood Reporter, Rabu (29/11/2023), unggahan yang ia repost menyebut bahwa Israel adalah satu-satunya negara di dunia yang menahan anak-anak sebagai tawanan perang.

Dalam unggahan aslinya, yang dijadikan contoh adalah Ahmad Manasra, yang ditangkap Israel saat berusia 13 tahun, dan kini berusia 20 tahun. Hanya saja, Ahmad rupanya memiliki kaitan dengan kasus penyerangan yang terjadi tujuh tahun lalu.

Diwartakan Associated Press (AP), kala itu Ahmad dan sepupunya yang berusia 15 tahun masuk ke pemukiman Yahudi di Yerusalem Timur. Sang sepupu menyerang anak umur 13 tahun dengan pisau hingga luka parah, dan menusuk pria Israel lain. AP mencatat bahwa pihak Israel melihat ini sebagai tindak terorisme, sementara warga Palestina menyebut ini adalah sebuah ketidakadilan karena Ahmad dihukum atas perbuatan sepupunya.

Kasus yang membelit Ahmad ini membuat Gigi Hadid jadi sasaran kritik, termasuk oleh supermodel Israel Bar Rafaeli dan juga produser musik Scooter Braun.

“Saya tahu orang-orang bermaksud baik, namun ketika kamu mengatakan seorang anak diculik, tapi ternyata itu adalah seorang remaja yang menikam dua warga sipil tak berdosa termasuk seorang anak berusia 12 tahun di depan kamera dan kemudian berkata 'Saya ingin menikam orang Yahudi.' Mari luruskan dulu faktanya dengan benar sebelum di-posting kepada 78 juta orang,” kata Scooter Braun.

Gigi Hadid ternyata ikut mendengar kontroversi soal unggahan ini. Kakak Bella Hadid ini membuat postingan baru, berisi pertanggungjawaban atas konten yang ia bagikan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Gigi Hadid Akui Tak Mengecek

Gigi Hadid menulis panjang lebar soal posisinya dalam konflik Israel-Palestina. Sebagai keturunan Palestina, ia merasa perlu untuk membagikan gambaran mengenai kondisi Gaza, meski kadang terasa mengerikan.

"Penting bagiku untuk membagikan kenyataan mengenai kesulitan yang dihadapi warga Palestina secara terus menerus, tapi pada akhir minggu ini aku membagikan sesuatu yang tidak kucek atau kupikir masak-masak sebelum diunggah," kata dia.

3 dari 4 halaman

Menggunakan Contoh yang Salah

Sang model menyebut bahwa niatnya adalah menunjukkan bagaimana anak-anak Palestina yang ditangkap IDF tak memiliki hak serupa dengan anak Israel yang melakukan tindakan serupa.

"Sayangnya, aku menggunakan contoh yang salah untuk menyatakannya, dan aku menyesalinya," kata dia. Ia menegaskan dirinya tak menyetujui kekerasan terhadap siapa pun, termasuk warga Yahudi.

4 dari 4 halaman

Gigi Hadid Bertanggung Jawab

Gigi Hadid juga mengutarakan bahwa dalam demokrasi, semua orang memiliki hak setara. Walaupun ia adalah seorang anak yang melakukan kejahatan.

"Pada waktu bersamaan, aku paham dengan kekuatan dari platformku, muncul tanggung jawab yang besar. Aku adalah manusia, dan melakukan kesalahan. Namun aku juga bertanggung jawab atas atas kesalahan itu," kata dia.

Di pengujung tulisannya, Gigi Hadid berharap semua tawanan bisa kembali dengan aman, juga kedamaian bisa hadir untuk warga Gaza dan Israel.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini