Sukses

Film Hamka & Siti Raham Hadirkan Persahabatan Buya Hamka dan Soekarno, Jadi Imam Salat Jenazah Bung Karno

Film Hamka & Siti Raham menampilkan pasang surut hubungan Buya Hamka dengan Presiden Soekarno. Keduanya sejatinya bersahabat sejak muda.

Liputan6.com, Jakarta Bocoran seputar cerita film Hamka & Siti Raham (volume 2) yang dibintangi Vino G. Bastian dan Laudya Cynthia Bella mulai terdengar jelang perilisannya di bioskop Tanah Air pada 21 Desember 2023.

Sekuel film Buya Hamka ini menampilkan sejumlah tema krusial. Salah satunya, pasang surut hubungan Buya Hamka dengan Soekarno. Dua tokoh berpengaruh dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia ini, sejatinya bersahabat sejak muda.

Perbedaan pandangan politik membuat persahabatan Buya Hamka dan Bung Karno tergores. Bahkan, Soekarno mengasingkan Hamka ke Bogor, Jawa Barat, untuk meredam perlawanannya kala itu.

“Dalam politik, kadang kawan bisa menjadi lawan, dan lawan bisa menjadi kawan,” demikian salah satu dialog Buya dalam film Hamka & Siti Raham (volume 2) terkait hubungannya dengan Bung Karno.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Persahabatan Dengan Sukarno

Lewat pernyataan tertulis yang diterima Showbiz Liputan6.com, Sabtu (25/11/2023), sutradara film Hamka & Siti Raham, Fajar Bustomi berbagi perspektif soal hubungan Buya dengan Bung Karno.

“Dalam film ini, menceritakan bagaimana Hamka tetap tulus menjalin persahabatan dengan Soekarno. Bahkan, saat Bung Karno meninggal, Hamka menjadi imam salat jenazah Bung Karno,” katanya.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Semoga Tidak Dipolitisasi

Dirilis jelang tahun politik, Fajar Bustomi berharap Hamka & Siti Raham tidak dipolitisasi. Justru, film ini diharapkan jadi oase penyejuk bahwa perbedaan pandangan politik tak membuat Hamka dan Soekarno selamanya berseberangan. Ketulusan di atas segalanya.

“Di tahun politik seperti sekarang, semoga film ini tidak dipolitisasi. Saya ingat, saat syuting tahun 2019 dan seharusnya pada 2020 film ini tayang. Karena pandemi, akhirnya diundur. Sekarang Hamka & Siti Raham tayang jelang pemilu 2024,” ungkap Fajar Bustomi.

 

4 dari 4 halaman

Rasa Kemanusiaan Dalam Berpolitik

“Teriring harapan semoga para politisi bisa meneladani sikap Buya Hamka yang tidak mencederai rasa kemanusiaan dalam berpolitik,” pungkasnya. Hamka & Siti Raham diproduksi Falcon Pictures dan Starvision Plus.

Selain Laudya Cynthia Bella dan Vino G. Bastian, film ini diperkuat Anjasmara, Roy Sungkono, Alfie Alfandi, serta Bima Azriel. Soundtrack Hamka & Siti Raham dikerjakan Putri Ariani, Fadly Padi, dan Dewa Budjana.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini