Sukses

Sukses Digelar, Simak Daftar Pemenang ISFF 2023

Berikut daftar pemenang ISFF 2023 di berbagai kategori. Mira Lesmana hingga Angga Dwimas Sasongko terlibat jadi juri.

Liputan6.com, Jakarta Malam puncak INDODAX Short Film Festival atau ISFF 2023 sukses dilangsungkan pada Jumat, 10 November 2023 di Ice Palace Concert Hall, Lotte Shopping Avenue, Jakarta Selatan. Ajang ini memilih delapan kategori film terbaik sebagai pemenangnya dari 266 pendaftar yang berkompetisi.

Menurut Oscar Darmawan, CEO INDODAX, jumpah pendaftar kompetisi ini bertambah hingga tiga kali lipat. Peserta yang mendaftar ISFF 2023 pun tersebar dari Sabang sampai Merauke. Film-film yang masuk ke dalam nominasi 15 besar pun ada yang berasal dari Maluku, Sanggau (Kalimantan Barat), hingga Balikpapan (Kalimantan Timur).

“Dengan jumlah yang mengesankan dan persebaran yang merata ini, menunjukkan semakin berkembangnya dan meratanya industri film pendek di Indonesia,” kata Oscar Darmawan dikutip dari keterangan tertulis pada Senin (13/11/2023).

Dengan fakta ini, maka ISFF juga dianggap sebagai sebuah ajang untuk merayakan keberagaman dalam seni perfilman.

Mira Lesmana, seorang produser film yang juga menjadi juri di ISFF 2023 mengatakan bahwa ajang ini dapat menjadi wadah bagi para sineas muda untuk belajar dan meningkatkan kemampuannya di dunia perfilman.

“Para sineas muda yang berkontribusi di ISFF tentunya akan mendapat komentar, kritikan, dan masukkan yang membantu menambah pengetahuannya dan kemampuannya dalam dunia perfilman,” ucap Mira Lesmana.

Angga Dwimas Sasongko, seorang sutradara sekaligus Founder Visinema Pictures serta juri di ISFF 2023 mengatakan, ISFF adalah wadah yang tepat bagi para sineas muda untuk memperlihatkan dan mengembangkan talenta mereka.

“Diharapkan ke depannya INDODAX konsisten untuk menciptakan ajang festival film pendek seperti ini, karena dapat melahirkan banyak bakat baru untuk mendongkrak industri perfilman di Indonesia,” ujar Angga.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Membuka Potensi di Industri Film

Menurut Anjas Maradita, seorang Content Editor dan juga juri di ISFF 2023 mengatakan bahwa ajang ini dapat membuka potensi yang luas di bidang perfilman dan bidang yang terkait seperti periklanan. 

“Melalui ajang perlombaan dapat menarik perhatian produser, sehingga para peserta memiliki peluang lebih besar untuk dikenal, bekerja sama, dan terlibat dalam proyek-proyek yang lebih besar di industri kreatif,” ucap Anjas.

Film-film yang masuk dalam nominasi 15 sebesar sudah melalui proses penilaian di beberapa parameter, untuk masuk menjadi film terbaik sesuai dengan delapan kategori ISFF 2023. Berikut daftar pemenang ISFF 2023 di berbagai kategori.

3 dari 3 halaman

Daftar Pemenang

Best Short Film : The Neighbour, dari rumah produksi Correlations Films

Best Cinematography : Surya Gemilang, dari rumah produksi Surgem IKJ

Best Built-In : The Neighbour, dari rumah produksi Correlations Films

Best Scenario : Gita Cita, dari rumah produksi Tim Wingit

Best Actor : Nada Irama, dari rumah produksi Unlimitale

Best Film Poster : The Neighbour, dari rumah produksi Correlations Films

Most Favourite Film : Nada Irama, dari rumah produksi Unlimitale

Juri Special Mention : Semua, Dara Dirayakan, dari rumah produksi Selarasi Film

Para pemenang berhak mendapatkan hadiah yang totalnya mencapau Rp 100 juta.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.