Sukses

Aya Canina Eks Vokalis Tuntut Merek dan Hak Lagu Terhadap Personel Band Amigdala

Aya Canina merupakan mantan vokalis band Amygdala.

Liputan6.com, Jakarta Mantan vokalis Band Amygdala, Aya Canina, menuntut hak atas karyanya. Ia meminta personel band yang sudah ditinggalkannya selama lebih kurang 3 tahun tersebut, untuk tidak lagi mengusung nama Amigdala.

Aya Canina mempertanyakan sikap para personel yang masih mempertahankan nama Amigdala. Padahal, dirinya dan Isa selaku formasi awal dan cikal bakal berdirinya band tersebut, sudah lama hengkang.

"Saya keluar dari Amigdala pada Agustus 2020. Kemudian saya dikabari Isa keluar setelah setahun saya keluar atas keputusan sendiri. Itu berarti tiada pemegang hak cipta lagu Amigdala dan merek Amigdala sendiri," jelas Aya Canina di Kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (14/9/2023).

"Tapi kenapa orang-orang di dalam band itu masih mempertahankan diri dengan nama Amigdala dan membawakan lagu-lagu Amigdala tanpa izin. Menurut saya di situ adalah letak kekeliruan dan masalahnya," Aya Canina menambahkan.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Legalitas

Aya Canina mengklaim memiliki hak atas lagu dan merk Amigdala. Bahkan, Aya mengaku sudah mengantongi legalitas atas lagu dan merk Amigdala dari Kemenkumham.

"Akhirnya saya mendapatkan hak cipta dan merek. Selain dua legalitas itu, saya juga sudah masuk keanggotaan WAMI. Nanti mereka yang urus lagu-lagu saya," aku Aya.

 

3 dari 4 halaman

Mengimbau

Nanang Hartanto, kuasa hukum Aya Canina menambahkan, atas legalitas yang sudah dikantongi pihaknya, ia mengimbau personel Amigdala untuk tidak lagi mengusung nama itu, dan membawakan lagu ciptaan kliennya tanpa izin.

"Maka itu saya tegaskan, siapapun yang menggunakan lagu serta merk Amigdala kami larang keras. Karena secara legalitas hukum klien kami sudah mendapatkannya. Apapun penggunaannya harus seizin klien kami," tegas Nanang.

 

4 dari 4 halaman

Upaya Terakhir

Aya menambahkan, jumpa pers ini merupakan upaya terakhir yang dilakukan terhadap para personel Amigdala yang tersisa. Pasalnya, ia mengaku sudah mencoba berbagai cara, tapi tidak juga diindahkan.

"Sejak saya keluar saya sudah bilang, silahkan bawakan lagu-lagu yang ada. Tapi penuhi hak ekonomi saya. Gimana memenuhinya, ketika manggung tidak ada permisi. Mereka juga manggung dengan nama Amigdala itu salah, membawakan lagu saya tanpa izin," pungkas Aya Canina.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini