Sukses

Aa Gym Nasihati Deddy Corbuzier agar Lebih Rajin Mengaji saat Ditanya Soal Ilmu Ikhlas yang Sesungguhnya

Ada satu hal yang cukup menarik ketika Aa Gym ditanya oleh Deddy Corbuzier soal ilmu ikhlas.

Liputan6.com, Jakarta KH Abdullah Gymnastiar yang akrab disapa Aa Gym, belum lama ini terlihat berbincang dengan Deddy Corbuzier. Perbincangan keduanya tentu kental dengan topik sekitar ilmu agama Islam. Salah satunya adalah seputar ilmu ikhlas yang membuat Deddy Corbuzier penasaran.

Namun ada satu hal yang cukup menarik ketika Aa Gym ditanya oleh Deddy soal ilmu ikhlas. Pada momen tersebut, Aa Gym justru menasihati Deddy Corbuzier agar lebih rajin mengaji untuk bisa merasakan sendiri apa itu makna ikhlas yang sesungguhnya.

Tentu saja Deddy Corbuzier sangat menghormati respons dari Aa Gym atas pertanyaannya itu. Selain itu, Aa Gym juga sempat berkelakar bahwa Deddy Corbuzier selama ini lebih sibuk dengan podcast dan aktivitas di gym ketimbang mendalami ilmu agama Islam.

Meskipun begitu, perbincangan keduanya berjalan dengan sangat hangat. Bahkan, beberapa kali Aa Gym mengucapkan syukur ketika Deddy Corbuzier mengagumi ceramah-ceramah yang disampaikan oleh Aa Gym sejak dahulu hingga sekarang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Kenangan Deddy Corbuzier ke Pengajian Aa Gym pada 2004

Sebelum membahas soal ilmu ikhlas, Deddy Corbuzier terlebih dahulu mengenang masa-masa ketika ia sering ikut pengajian sekaligus kajian Aa Gym di Jakarta pada tahun 2004 silam.

"Cerita yang unik adalah bahwa kalau Aa lagi cerita atau lagi dakwah itu saya di dalam Masjid. Padahal zaman dahulu kan saya belum pernah masuk masjid. Masuk masjid itu pertama kali di pengajian Aa." ujar Deddy di kanal Youtube miliknya.

"MasyaAllah, Alhamdulillah," ujar Aa Gym menanggapi.

"Di saat itu juga saya mendengarkan dakwah atau ceramah Islam, pertama kali itu bareng sama Aa," lanjut Deddy disusul ucapan syukur dari Aa Gym.

 

3 dari 5 halaman

Topik Ikhlas Dijelaskan oleh Aa Gym

Perbincangan dengan Deddy Corbuzier yang telah menjadi mualaf pada 21 Juni 2019 itu pun berlanjut dengan topik ilmu ikhlas. Aa Gym menjelaskan makna ikhlas dengan ilmu agama Islam yang dimilikinya sepanjang menjadi ulama.

Aa Gym kemudian memberikan contoh seorang ibu atau istri yang sudah susah payah memasak untuk suaminya, namun sang suami justru punya acara lain di luar rumah. Lalu reaksi sang ibu atau istri selalu kecewa, jengkel, marah, dan sebagainya.

"Berarti berbuat baik itu tidak identik dengan bahagia, kan itu udah bahagia, udah baik. Kenapa belum bahagia? karena niatnya belum ikhlas," ujar Aa Gym.

"Orang ikhlas itu enak, enggak ada akting dalam hidupnya. Tidak dibuat-buat, enggak ribet ya, enggak ada sakit berlebihan, ringan. Ada luka tapi cepat hilang," sambung Aa Gym setelah memberikan contoh sikap ikhlas yang seharusnya dilakukan para istri dalam kasus tersebut.

 

4 dari 5 halaman

Nasihat Aa Gym untuk Deddy Corbuzier saat Ditanya Soal Ikhlas

Setelah mendengar kisah tersebut, Deddy Corbuzier lalu bertanya mengenai bagaimana caranya ikhlas. Di luar dugaan, Aa Gym justru dengan nada santai menasihati Deddy Corbuzier agar lebih mendalami agama Islam ketimbang sibuk berkegiatan duniawi.

"Mulailah mengaji lagi sekarang. Jangan sibuk podcast melulu. Belum syahadat rajin mengaji, sudah syahadat teruslah rajin ngaji, begitu akan bahagia" jawab Aa Gym dibenarkan Deddy Corbuzier.

"Iya ini kebalikan, lebih keseringan fitnes, sih," celetuk sang dai asal Jawa Barat itu.

"Sebelum syahadat rajin ngaji. Lanjut A, biar enggak ke saya," timpal Deddy Corbuzier sembari tertawa.

 

5 dari 5 halaman

Penjelasan Lebih Lanjut Mengenai Ikhlas oleh Aa Gym

Aa Gym memang mengakui bahwa celetukan yang disampaikannya itu dalam rangka menasehati Deddy Corbuzier. Namun begitu, ia tetap menyampaikan ilmunya seputar keikhlasan. Menurutnya, tidak cukup hanya berbuat baik, namun juga diperlukan keridaan dari Sang Khalik.

Aa Gym memberi contoh lagi mengenai orang yang kecewa karena tak mendapatkan yang diinginkannya. Lalu ada juga orang ingin dihargai, namun ketika tidak ada yang menghargainya malah merasa kecewa.

"Jadi ikhlas itu melakukan sesuatu, 'Ya Allah semoga engkau ridho.' Makanya orang yang paling ikhlas itu paling ringan," terang Aa Gym.

"Sementara orang ikhlas, memang, 'Saya tidak nyari penghargaan orang, enggak harus kejadian dimakan suami. Memang kalau bukan rezeki suami pasti enggak makan, simpel," ujar Aa Gym memyampaikan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini