Sukses

Heboh Putri Ariani Harumkan Indonesia, 6 Musisi Internasional Penyandang Disabilitas Ini Juga Sukses Gemparkan Dunia

Sebelum Putri Ariani, memukau penonton dan dewan juri America's Got Talent 2023, terdapat beberapa musisi internasional penyandang disabilitas yang sudah menggemparkan dunia.

Liputan6.com, Jakarta Nama Putri Ariani kini seolah sedang menjadi sosok yang mengharumkan nama Indonesia. Pasalnya rasa bangga tak hanya disampaikan masyarakat, para artis hingga sejumlah tokoh nasional pun ikut menyambut prestasi Putri Ariani di ajang America's Got Talent 2023.

Putri Ariani sukses memukau penonton dan dewan juri America's Got Talent 2023 setelah tampil membawakan lagu ciptaannya sendiri serta lagu "Sorry Seems to Be the Hardest Word" milik Elton John. Bahkan, salah satu juri, Simon Cowell sampai memberi Golden Buzzer kepada gadis penyandang tunanetra itu.

Sukses menampilkan suaranya yang stabil dan bertenaga, Putri Ariani juga berhasil membuat para dewan juri terpaku. Penonton yang berada di lokasi acara pun tak hanya bersorak sorai. Mereka turut meneteskan air mata berkat penampilan memukau Putri Ariani di AGT 2023.

Menelusuri ke belakang, Putri Ariani memang bukanlah satu-satunya musisi penyandang disabilitas. Sebelumnya, sudah ada beberapa penyanyi internasional yang telah sukses menggemparkan dunia. Siapa sajakah mereka? Berikut deretannya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Rick Allen

Richard John Cyril Rick Allen alias Rick Allen merupakan penabuh drum band Def Leppard yang sudah eksis sejak 1978 hingga sekarang.

Musisi berkebangsaan Inggris ini kehilangan tangan kirinya pada 1985 silam. Namun berkat perjuangannya yang sangat keras, ia berhasil bertahan sebagai seorang drummer.

Kariernya pun masih berlanjut dan sosoknya masih menjadi andalan rekan-rekannya di Def Leppard.

 

 

3 dari 7 halaman

2. Stevie Wonder

Stevie Wonder merupakan seorang musisi difabel penyandang tunanetra yang sudah dalam kondisi tersebut sejak lahir. 

Pemilik nama Stevland Hardaway Morris pertama kali merekam lagunya di usia 12 tahun. Kiprah Stevie Wonder di dunia musik internasional sudah tak diragukan lagi.

Ia sukses menggemparkan dunia dengan menerima sejumlah penghargaan. Mulai dari Grammy Award sebanyak 10 kali serta namanya masuk ke dalam Museum Rock and Roll Hall of Fame pada 1989 silam.

 

4 dari 7 halaman

3. Michael Bolton

Michael Bolotin yang dikenal dengan nama panggung Michael Bolton, juga dikenal sebagai salah satu musisi difabel yang sukses.

Musisi asal Amerika Serikat itu sudah lama memiliki masalah dengan pendengarannya. Namun berkat konsistensinya di dunia musik, Michael Bolton sukses meraih piala Grammy Awards sebanyak dua kali.

 

 

5 dari 7 halaman

4. Ludwig van Beethoven

Ludwig van Beethoven, musisi era klasik yang hidup di abad 18 dan 19, merupakan sosok penyandang difabel.

Beethoven dikenal berkat komposisi musknya yang masih bisa dinikmati hingga sekarang. Sebut saja "Moonlight Sonata", "Turkish March", hingga "Fur Elise".

Beethoven menyandang disabilitas setelah ia kehilangan pendengarannya pada usia 20-an tahun.

6 dari 7 halaman

5. Ray Charles

Menyandang tunanetra tak menyurutkan mendiang Ray Charles untuk berkarya. Musisi satu ini sempat mendulang histeria pecinta musik dunia berkat lagu "Georgia On My Mind" yang diciptakan Hoagy Carmichael dan Stuart Gorrell.

Ray Charles sempat populer di era 1950 dan 1960-an. Namanya sempat masuk daftar "The 100 Greatest Artists of All Time" versi majalah Rolling Stone.

Bahkan, diketahui "Georgia on My Mind" sempat dijadikan sebagai lagu resmi negara bagian Georgia yang merupakan tanah kelahirannya.

7 dari 7 halaman

6. Kodi Lee

Putri Ariani sebenarnya bukanlah satu-satunya penyanyi tunanetra yang pernah mendapat Golden Buzzer di America's Got Talent. Jauh sebelumnya, publik mengenal Kodi Lee dengan penampilannya yang viral pada tahun 2019.

Kodi Lee adalah penyanyi tunanetra serta autis yang tampil di America's Got Talent (AGT) pada tahun 2019. Saat itu, ia membawakan lagu Leon Russell "A Song for You" yang memukau semua orang dan membuatnya diganjar dengan Golden Buzzer yang diberikan oleh Gabrielle Union.

Di akhir musim, mengikuti penampilan yang mencakup "Bridge Over Troubled Water" dari Simon dan Garfunkel dan "Lost Without You" dari Freya Riding, "AGT" menyatakan Kodi Lee sebagai pemenang Musim 14.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.