Sukses

Profil Rafael Tan yang Kini Viral Dijuluki Duta Seblak: Dulu Lolos Audisi Boyband SMASH Usai Batal Ikut Casting Film

Sosok Rafael Tan atau Rafael SMASH kini viral di media sosial sebagai duta seblak. Berikut profilnya.

Liputan6.com, Jakarta Nama Rafael Tan kini tengah ramai dibicarakan di media sosial, terutama TikTok dan Instagram. Bukan sebagai penyanyi atau aktor, namun viral berkat konten mencicipi makanan. Mayoritas konten kuliner Rafael berisi video dirinya sedang makan seblak. Ia biasanya me-review masakan dalam bahasa Sunda dengan intonasi yang menggelitik. Selain kerap melucu, netizen juga dibuat gemas dengan ekspresi wajahnya ketika kepedesan.

Alhasil, warganet pun melabeli pria yang beken dengan nama Rafael SMASH sebagai Duta Seblak. Warganet pun dibuat tergiur dengan seblak yang disantap oleh pria 36 tahun ini. Pria berparas oriental ini juga tak pelit berbagi resep seblak yang diakuinya sebagai hasil racikan sendiri.

Meski sudah membagikan resep dan banyak yang mengunggah hasil recook di media sosial, warganet tetap ingin memesan seblak buatan Rafael. Kini pria kelahiran 16 November 1986 pun membuka usaha kuliner seblak. Mengaku banyak mendapat pesanan, Rafael hanya sanggup membuat orderan 100 cup dalam sehari.

Jauh sebelum viral sebagai duta seblak dan eksis sebagai personel boyband SMASH, pria yang lahir di Garut ini sudah menekuni dunia modeling sejak 2007. Berikut profil Rafael Tan yang dirangkum Showbiz Liputan6.com dari berbagai sumber.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jadi Model

Pemilik nama lengkap Rafael Landry Tanubrata memulai karier sebagai model. Pada 2007, ia menjadi model video klip Ten 2 Five berjudul “Eien No Ai”. Kemudian pada 2009, ia menjadi juara kontes Styling Dance Competition yang digelar produk perawatan tubuh pria.

Ketika tampil dalam program Tonight Show di salah satu TV swasta akhir pekan lalu, Rafael mengenang perjalanan kariernya. Saat proses pencarian personel SMASH digelar di Bandung, Rafael memiliki jadwal casting film layar lebar di Jakarta. Sayangnya Rafael bangun kesiangan, hingga ditinggal mobil travel yang harusnya membawa dia ke Ibu Kota. Karena batal ikut casting film, Rafael pun memutuskan pergi ke tempat audisi boyband.

3 dari 4 halaman

Debut

Pada 2010, Rafael akhirnya debut di bawah brand SMASH bareng enam personel lainnya. Tak disangka, single perdana mereka “I Heart You” langsung meledak. Tak hanya mendapat tawaran manggung yang padat, SMASH juga dipercaya jadi duta iklan dan membintangi sinetron.

Sekitar tahun 2014, tren boyband dan girlband lokal di Indonesia merosot tajam. SMASH pun jarang tampil bersama dan sibuk dengan proyek masing-masing. Rafael menekuni karier di bidang akting dan musik.

4 dari 4 halaman

Solo

Melansir laman Wikipedia Indonesia, Rafael sempat membintangi sinetron Ganteng Ganteng Serigala dan Cowokku Superboy yang tayang di SCTV. Ia juga membintangi beberapa FTV serta jadi host program TV. Tak kurang dari lima film bioskop diperkuatnya, di antaranya Maju Kena Mundur Kena Returns dan Susi Susanti: Love All. Sejak 2015, ia juga rajin merilis single solo.

Namun, karyanya sebagai penyanyi solo atau aktor sejauh ini belum segemilang ketika bersama SMASH. Kini ia viral sebagai Duta Seblak berkat konten yang kerap ia unggah di Instagram dan TikTok pribadinya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini