Sukses

Seniman Cerebral Palsy Teresa Olivia Purba Gelar Pameran Tunggal Beyond The Limit, Sajikan 22 Lukisan

Seniman Cerebral Palsy Teresa Olivia Purba mengusung tema “Beyond The Limit” dalam pameran tunggal yang menyuguhkan 22 lukisan berkonsep abstrak.

Liputan6.com, Jakarta Status anak berkebutuhan khusus rupanya tak menghalangi Teresa Olivia Purba berkarya lewat lukisan di atas kanvas. Bahkan, ia berani menggelar pameran tungal di Astha District 8 Jakarta, dari 19 Mei hingga 18 Juni 2023.

Seniman Celebral Palsy ini mengusung tema “Beyond The Limit” dalam pameran tunggal yang menyuguhkan 22 lukisan berkonsep abstrak. Lukisan ini menyita perhatian para tamu dan penikmat seni.

Tak hanya pamer lukisan, sebagai seniman, Teresa Olivia Purba menggelar demo melukis langsung di atas kanvas pada Jumat (2/6/2023) didampingi dua fasilitator sekaligus guru, Janne Janetij dan Emanuella Gracia Tuppano.

Putri pasangan Daniel Purba dan Lisa Zen Purba itu menyelesaikan lukisan hanya dalam satu jam. Bakat melukis Teresa Olivia Purba mulai tampak ketika ia berusia 9 tahun dan melewati proses eksplorasi yang panjang.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ketika Berumur 9 Tahun

“Ketika berumur 9 tahun. Dibantu guru-guru Olivia dari Blessing Community, kita memberi banyak stimulasi untuk mengetahui minat dan bakat Olivia,” ujar Daniel Purba kepada Showbiz Liputan6.com.

“Kita perkenalkan dengan alat musik, kita kasih peralatan gambar dan melukis. Ternyata untuk melukis, Olivia tampak antusias. Ia senang kalau sudah mencoret-coret kanvas,” Daniel Purba menyambung.

3 dari 4 halaman

Olivia dan Warna-Warni

Yang membuatnya kaget, Teresa Olivia Purba membuat lukisan abstrak yang berhasil memadukan beragam warna menjadi harmonis sekaligus indah. Ia lantas terkenang Olivia sejak kecil memang suka warna.

“Saya jadi ingat, dari kecil Olivia senang kalau melihat sesuatu yang warna-warni. Contohnya lampu berkelap-kelip warna-warni, ia bisa serius mengamati. Saya rasa Olivia peka dengan permainan warna dan itu ia ungkapkan lewat lukisan,” katanya.

 

4 dari 4 halaman

Beyond The Limit

Selain itu, Teresa Olivia Purba mampu memberi judul dan mendeskripsikan hasil lukisannya lewat narasi dengan kata-kata indah. Dibantu fitur Assistive Touch di iPad, ia berkomunikasi sekaligus mengungkapkan apa yang tersimpan di benak lewat lukisan.

Pameran tunggal ini memvalidasi posisi Teresa Olivia Purba sebagai seniman celebral palsy Tanah Air. Selain itu, ia juga seorang penulis buku. Dalam kesempatan itu, Teresa Olivia Purba meluncurkan buku Beyond The Limit.

“Meski terlahir sebagai anak berkebutuhan khusus Cerebral Palsy, Olivia mampu menuangkan potensi kreativitasnya dalam pemikiran-pemikiran filosofis di buku serta merefleksikannya dalam beragam lukisan,” beri tahu Lisa Zen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini