Sukses

10 Tahun Uje Meninggal Dunia, Ustaz Zacky Mirza Kenang Kebaikan Almarhum Jefri Al Buchori di Jalur Dakwah

Genap 10 tahun ustaz Jefri Al Buchori atau Uje meninggal dunia. Ustaz Zacky Mirza teringat kebaikan almarhum yang tak pelit ilmu dan menopang kariernya.

Liputan6.com, Jakarta Mengembuskan napas terakhir di Jakarta, 26 April 2013 akibat kecelakaan, kini genap 10 tahun ustaz Jefri Al Buchori atau Uje meninggal dunia. Kepergiannya menyisakan duka dan kenangan atas kebaikan.

Salah satu yang mengenang kebaikan Uje hingga kini yakni Ustaz Zacky Mirza. Masih segar dalam ingatannya kala merintis karier di jalur dakwah dan belum populer, Uje kerap menolong ustaz Zacky Mirza.

“Beliau itu sering mengajak saya ke mana-mana. Kadang bilangnya sehari, tahunya sampai tiga hari baru pulang,” kata ustaz Zacky Mirza lewat pernyataan tertulis yang diterima Showbiz Liputan6.com, Minggu (30/4/2023).

Berhari-hari berkelana dengan Jefri Al Buchori, Zacky Mirza menyerap banyak ilmu dan keberkahan. Tak jarang, Uje memberinya kesempatan untuk naik ke mimbar lebih dulu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Uje Dulu Pernah Bilang

“Hebatnya sebelum ceramah, beliau mempersilakan saya mengenalkan diri ke panitia. (Uje bilang) ini ada ustaz Zacky, suruh ceramah duluan ya!” kenang pesohor dengan 180 ribuan pengikut di Instagram itu.

Ustaz Zacky Mirza menjelaskan, Uje sering mengajak sahabat-sahabatnya mengisi acara. Ia tak pernah takut disaingi oleh teman sendiri. Bahkan, Uje-lah yang mengingatkan Zacky Mirza untuk membawa kartu nama saat menghadiri acara.

“Uje dulu pernah bilang ke saya begini: Nanti next, lo bawa kartu nama yang banyak, terus pas di tempat acara bagi-bagiin deh! Terus saya lakukan. Benar saja, selang beberapa saat, ada panitia yang menghubungi untuk minta saya ceramah,” ustaz Zacky Mirza mengingat.

 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Mulianya Hati Uje

Tak heran jika ia selamanya merasa berutang budi kepada Jefri Al Buchori. Tak hanya memublikasikan nama Zacky Mirza di berbagai acara off-air, Uje kerap merekomendasikan nama sahabat ke sejumlah produser televisi. Dari sini, karier Zacky Mirza makin mengilap.

“Pernah waktu itu Uje bilang ke produser salah satu televisi nasional: Ini yang baca doa ustaz Zacky saja. Pernah juga Uje bilang ke produser lain: Ustaz Zacky saja pembawa acaranya. Lalu, disetujui saat itu juga oleh produser,” ungkapnya menahan haru.

Satu dekade berlalu sejak Uje mangkat. Namun deretan kebaikannya membekas di benak ustaz Zacky Mirza hingga kini. Karenanya, Jumat (28/4/2023) lalu, ia ingin memberikan sebuah hadiah untuk mendiang Jefri Al Buchori. 

4 dari 4 halaman

Kurban Sapi, Wakaf Quran

Hadiah itu berupa hewan kurban atas nama Jefi Al Buchori, di salah satu peternakan di Cianjur, Jawa Barat. Ini bukan kali pertama melainkan dilakukan Zacky Mirza tiap tahun untuk menghormati kebaikan sang ustaz semasa hidupnya.

“Untuk tahun ini, ada kurban sapi, wakaf Quran, dan sedekah yang dihadiahkan buat Uje. Jadi atas nama Uje,” cetus Zacky Mirza lalu menyatakan, “Kebaikan beliau, kalaupun saya balas dengan haul tiap tahun, rasanya tidak akan terbalas dan tidak akan pernah cukup.”

“Saya belain kesini (peternakan -red.), karena muamalah di sini memang bagus. Sapi yang saya beli tidak pernah mengecewakan. Malah ini saya dapat bonus voucer umrah dari Visitour,” ia menambahkan.

Ustaz Zacky Mirza percaya, kebaikan yang ditabur Uje semasa hidup akan menerangi jalannya di alam baka. “Kenikmatan saya berdakwah saat ini, Uje yang jadi wasilah, Uje yang jadi jembatan,” pungkas ustaz Zacky Mirza.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.