Sukses

Kesedihan Ridwan Kamil Lebaran Pertama Tanpa Eril: Al Fatihah Untukmu Anakku Sayang

Melihat momen Ridwan Kamil ziarah ke makam Eril saat Hari Raya Idul Fitri.

Liputan6.com, Jakarta Idul Fitri 2023 tentu terasa sangat berbeda bagi Ridwan Kamil dan keluarga. Bagaimana tidak, ini merupakan Lebaran pertama mereka tanpa kehadiran anak sulungnya, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril.

Di momen Lebaran, Ridwan Kamil dan keluarga tentunya menyempatkan diri berziarah ke peristirahatan terakhir Eril. Ia kembali menghiasi makam dengan bunga-bunga dan tentunya memanjatkan doa.

"Dear Eril, Ini lebaran pertama tanpa dirimu. Lebaran kali terasa tidak sama," tulis Ridwan Kamil sebagai keterangan video di akun Instagram-nya, Minggu (23/4/2023).

Meski raganya telah tiada, namun keluarga tak akan pernah melupakan kenangannya. "Namun kami percaya, dirimu selalu ada dalam perjalanan bahagia keluarga kita," ujarnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pembangunan Masjid Al Mumtadz

Ridwan Kamil pun merangkai kelopak bunga hingga menyerupai bentuk hati di atas pusara Eril. Kamera juga menyorot kerangka masjid Al Mumtadz yang masih dalam tahap pembangunan.

"Lapor juga Ril, Masjid Al Mumtadz sudah naik struktur atap. Semoga ada rejekinya untuk menyelesaikan secepatnya. Aamiin," kata Ridwan Kamil lagi.

3 dari 4 halaman

Kucing di Pusara Eril

Satu lagi hal yang menarik perhatian, yaitu kehadiran seekor kucing di makam Eril. Hewan itu seakan selalu ada untuk menemani jasadnya yang terkubur di bawah tanah.

"Btw Ril, di atas pusaramu selalu ada kucing entah darimana yang setia siang malam menemanimu. Alfatihah selalu untukmu anakku sayang," tutup sang Gubernur Jawa Barat.

4 dari 4 halaman

Respons Warganet

Unggahan idwan Kamil dihujani komentar penuh rasa takjub.

"Masyaa Allah, hewan termasuk kucing Allah berikan kemampuan untuk mendengarkan penghuni kubur, jika kucingnya nyaman di pusara semoga kang eril juga nyaman, tenang dan damai disana. Aamiin," kata salah satu warganet.

"Subhanallah di dunia a Eril di jaga,di bimbing serta di didik dg baik oleh bapak Ridwan Kamil,dan insya Allah di surga dia di jaga oleh malaikat Ridwan,,🤲❤️ alfatihah untukmu a Eril," tambah yang lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.