Sukses

Pengobatan Ida Dayak Tengah Viral, Aktor Antonio Blanco Jr Teringat Metode Tradisional di Bali untuk Menyembuhkan Tulangnya

Membahas pengobatan Ida Dayak, Antonio Blanco Jr mengaku teringat dengan kondisi kesehatan tulangnya sewaktu tinggal di Bali hingga membuatnya percaya pada pengobatan tradisional.

Liputan6.com, Jakarta Ibu Ida Dayak, seorang praktisi pengobatan tradisional yang diyakini ampuh, kini sedang viral dan tengah menjadi perbincangan publik. Bahkan, tiap kali Ida Dayak berkunjung ke berbagai daerah, kunjungannya selalu ramai dipenuhi masyarakat yang ingin berobat.

Bahkan, akibatnya kunjungan Ibu Ida Dayak kerap menimbulkan kemacetan, seperti yang terjadi di Cilodong, Depok, Jawa Barat, pada Senin (3/4/2023) kemarin. Tentunya fenomena pengobatan Ibu Ida Dayak ini jadi sorotan banyak pihak tak terkecuali selebriti.

Aktor muda Antonio Blanco Jr pun mengikuti fenomena viralnya Ibu Ida Dayak. Bahkan, Antonio Blanco Jr yang juga bintang sinetron Buku Harian Seorang Istri ini memiliki penilaiannya tersendiri terhadap fenomena Ida Dayak.

Tak sampai di situ, Antonio Blanco Jr juga mengaku teringat dengan kondisi kesehatan tulangnya sewaktu tinggal di Bali. Ia pun mengenang masa lalunya ketika harus menjalani pengobatan tradisional demi mengobati tulangnya yang retak.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penilaian Antonio Blanco Jr terhadap Ida Dayak

Awalnya, Antonio Blanco Jr menyampaikan opininya soal praktek Ida Dayak yang rekamannya bertebaran di media sosial. Ia menganggap hal itu sebagai salah satu ladang amal.

"Mungkin dia lebih fleksibel di mana dia berada, di mana dia tinggal terus dia bisa membantu menyembuhkan banyak orang, itu pasti amal," ujar Antonio Blanco Jr, mengutip dari tayangan Status Selebritis, melalui kanal YouTube SCTV.

 

3 dari 4 halaman

Antonio Percaya Pengobatan Ida Dayak Asli karena di Bali Ada

Pada saat ditanya apakah dirinya percaya dengan pengobatan Ida Dayak, Antonio Blanco Jr pun mengaku percaya. Pasalnya, ketika di Bali ia juga sering menjalani pengobatan tradisional dan ampuh.

"Aku percaya saja karena di Bali pun aku kadang-kadang masih menggunakan metode tradisional untuk menyembuhkan beberapa penyakit, kayak dulu aku pernah retak tulangnya. Seperti itu," ujar Antonio menjawab.

 

4 dari 4 halaman

Ida Dayak Mengobati Sambil Berbusana Adat

Ida Dayak, pemilik nama asli Ida Andriyani, selalu mengenakan pakaian adat dan aksesoris khas suku Dayak saat mengobati pasiennya. Lantaran hal itu, wanita kelahiran Pasir Belengkong, Kabupaten Paser, Kalimantan Timur, 3 Juli 1972 itu disapa dengan Ida Dayak.

Sebelum viral seperti sekarang, Ida Dayak menggelar pengobatannya dengan berkeliling dari pasar ke pasar. Bahkan, ia mengaku pernah menggelar pengobatan hingga ke Papua, Sulawesi, dan Sumatera.

Metode penyembuhan Ibu Ida Dayak terbilang simpel dan cepat. Dia hanya melakukan ritual menari dan diurut dengan dioleskan minyak berwarna merah yang diberi nama Minyak Bintang. Minyak itu sudah lama dikenal masyarakat suku Dayak Kalimantan sebagai salah satu obat tradisional yang digunakan turun-temurun.

Saat melakukan penyembuhan, Ida Dayak mengaku selalu melibatkan Tuhan. Kalimat tauhid Lailahaillallah dan kalimat basmalah kerap dilantunkannya saat memulai melakukan pengobatan. Dengan mengucapkan kalimat itu, dia menunjukkan kesembuhan hanya berasal dari Allah SWT.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.