Sukses

Rekam Jejak Nafa Urbach di Dunia Hiburan: Diorbitkan Deddy Dores Jadi Lady Rocker Penerus Nike Ardilla, Melejit Sebagai Bintang Sinetron

Penampilan Nafa Urbach yang awet muda di usia 42 tahun selalu mencuri perhatian warganet.

Liputan6.com, Jakarta Nafa Urbach dikenal sebagai penyanyi dan pemain sinetron Indonesia. Memiliki karier cemerlang di usia muda, Nafa kini aktif merambah dunia politik dengan bergabung dengan salah satu parpol. Kehidupan pribadi Nafa pun kerap disorot oleh publik.

Nafa Urbach diketahui lahir di Magelang pada 15 Juni 1980. Nama merupakan anak dari Ronald Walter Urbach dan Neneng Maria Kusuma. Nama pernah menikah dengan aktor Zack Lee pada 2007. Mereka dikaruniai seorang putri pada 2011, Mikhaela Lee Jowono. Pernikahan Nafa dan Zack resmi berakhir pada 2017.

Karier Nafa Urbach melesat pada pertengahan 1990-an hingga 2000-an. Nafa mulanya merintis karier sebagai penyanyi. Ia diorbitkan oleh musikus Deddy Dores yang banyak menciptakan lagu hit Nike Ardilla. Setelah Nike meninggal, Nafa sempat dijuluki sebagai penerus sang lady rocker. Ia merilis beberapa album dengan genre musik slow rock, di mana hit single-nya diciptakan Deddy Dores. 

Usai menelurkan album perdana, Nafa juga mendapat tawaran main sinetron. Sinetronnya yang berjudul Kehormatan sukses besar dan bertahan hingga ratusan episode. Tak disangka Nafa lebih dikenal sebagai pemain sinetron. Nafa Urbach kini terjun ke politik dan jarang muncul di layar televisi. kendati demikian paras yang cantik dan tubuh ideal membuatnya nampak awet muda dan kerap menuai pujian. Berikut rekam jejak Nafa Urbach di dunia hiburan Tanah Air dirangkum Showbiz Liputan6.com dari berbagai sumber.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Bagai Lilin Kecil

Nafa mengaku sudah mengenal Deddy Dores sejak usia 9 tahun. Ia pernah di-tes vokal pada waktu usianya 10 tahun, namun ditolak. Baru pada usia 13 tahun Nafa direkrut Deddy Dores. Pada 1995 Nafa meluncurkan album perdananya, Bagai Lilin Kecil yang mendapat sambutan hangat.

Tahun 1996, Nafa merilis album Hatiku Bagai Terpenjara yang menjadi hit pada masanya. Beberapa sumber bahkan menyebut album ini terjual hingga satu juta keping. Hingga saat ini, Nafa sudah merilis 11 album, terakhir berjudul Ku Tak Sempurna pada 2010.

Sesuai dengan tren masa kini, setelah itu Nafa hanya merilis single. Terakhir pada 2019 ia merilis single berjudul ‘Tak Bisa Teruskan’.

3 dari 6 halaman

Sinetron

Dikenal lewat musik, Nafa mengembangkan sayap ke dunia akting. Pada 1996, Nafa Urbach bergabung sinetron Deru Debu II tayangan SCTV. Nafa juga menyanyikan lagu soundtrack-nya. Setelah itu, Nafa bermain di sinetron Kembalinya Si Manis Jembatan Ancol dan Bidadari yang Terluka.

Pada 1998, ia bergabung Multivision Plus, rumah produksi yang pada masa itu mendominasi jam utama TV swasta. Takdir menjadi sinetron Multivision perdananya, adu akting dengan Jeremy Thomas dan Desy Ratnasari. Kemudian ia dipercaya jadi pemeran utama sinetron Pertalian pada 1999.

4 dari 6 halaman

Kehormatan

Pada 2000, Nafa Urbach dipasangkan dengan kekasihnya saat itu, Primus Yustisio dalam sinetron Kehormatan tayangan Indosiar. Sinetron ini meraih rating tinggi, bertahan hingga empat tahun. Tercatat tak kurang dari 25 sinetron sudah dibintanginya.

5 dari 6 halaman

Layar Lebar

Pada 2018, untuk kali pertama Nafa menjajal akting film bioskop, Kembang Kantil. Ia adu akting dengan Irish Bella dan Kevin Kambey dalam film bergenre horor ini. Nafa juga terlibat dalam film Mangga Muda, Iblis Dalam Kandungan, Kuntilanak 3, dan Ashiap Man.

6 dari 6 halaman

Blusukan

Beberapa tahun terakhir, Nafa Urbach aktif di dunia politik. Ia sempat menjadi caleg untuk Dapil Jawa Tengah VI pada 2019, namun tak lolos. Hingga kini ia masih aktif di parpol yang sama. Pada unggahan 9 maret 2023 lalu, sebuah banner yang diunggahnya menuliskan ia berada di Bidang Perempuan dan Anak divisi parpol tersebut.

Nafa belakangan tak muncul di layar kaca. Dari unggahan Instagram, diketahui ia sibuk blusukan ke pasar hingga memberikan kuliah umum di kampus dan sekolah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.