Sukses

Sunan Kalijaga Klarifikasi Disebut Menghindari Venna Melinda saat Bahas Surat Kuasa Ferry Irawan

Sunan Kalijaga menyebut bahwa dirinya begitu menghormati Venna Melinda.

Liputan6.com, Jakarta - Sunan Kalijaga buka suara terkait banyaknya pemberitaan yang menyebut dirinya menghindari Venna Melinda usai sidang mediasi yang digelar di Pengadilan Agama Jakarta Selatan, Kamis (23/2/2023). Melalui sebuah video di Instagram dan TikTok-nya, ia menyebut bahwa dirinya bukan bermaksud menghindar apalagi kabur. 

Diberitakan sebelumnya, diketahui bahwa Sunan Kalijaga selaku kuasa hukum Ferry Irawan sempat meninggalkan Venna Melinda dan tim kuasa hukumnya saat sedang membahas mengenai surat kuasa untuk mengambil barang-barang pribadi milik Ferry Irawan dari Venna Melinda. Melalui video klarifikasi itu, Sunan Kalijaga menyebut bahwa dirinya begitu menghormati Venna Melinda. 

Oleh karenanya, ia lebih memilih untuk tak mendebat dan banyak menjawab argumentasi dari Venna Melinda. 

"Di Pengadilan Agama Jakarta Selatan pada saat selesai persidangan gugatan Mas Ferry terhadap istrinya. Saya sudah di mobil, lalu saya mau pulang melanjutkan pekerjaan lainnya, Mbak Venna menghampiri kendaraan saya ya. Beliau menyampaikan 'Mas Sunan bisa turun dulu, ada yang mau dibicarakan'. Oke, saya turun ya ternyata di hadapan ratusan awak media. Mbak venna mempertanyakan hal-hal terkait seputar persoalan-persoalan hukum yang sedang dihadapi," kata Sunan Kalijaga mengawali klarifikasinya. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Menghargai Wanita

"Saya jujur, saya sebagai laki-laki sangat menghormati wanita. Menghormati Mbak Venna yang juga usianya di atas saya, Mbak Venna adalah kakak saya sehingga saya tidak mau banyak menjawab atau merespons apa yang disampaikan oleh Mbak Venna. Karena saya sangat menghargai wanita," sambung Sunan Kalijaga. 

3 dari 4 halaman

Anggap Sebagai Kakak

Hal itu sekali lagi membantah tudingan miring yang banyak diberitakan media-media. Terlebih lagi, ia berusia lebih muda sehingga Venna Melinda sudah ia anggap sebagai kakaknya. 

"Saya tidak ingin debat bersama wanita, itu prinsipnya. Ya nomor satu, jadi bukan saya seperti pemberitaan dibombardir lah atau ditantang ini itu, tidak. Bukan seperti itu ya, yang benar adalah saya sebagai laki-laki, tentunya saya sebagai yang lebih muda. Saya harus bisa memahami perasaan wanita yang sedang mengalami cobaan saat ini," katanya lagi. 

4 dari 4 halaman

Tak Mengedukasi

Menutup unggahannya, Sunan Kalijaga juga mengatakan bahwa dirinya tidak ingin perdebatan dirinya dan Venna Melinda itu menjadi konsumsi publik yang justru tidak mendidik. 

"Jadi tidak benar berita-berita yang memprovokasi, yang benar adalah saya menghargai perempuan sehingga saya tidak mau debatable atau berargumentasi berdebat di hadapan media yang di mana bisa saja tidak mengedukasi masyarakat dengan adanya debat seperti itu. Terima kasih," tutupnya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.