Sukses

6 Fakta Film 2045 Apa Ada Cinta, Dari 32 Ribu Ide Netizen Hingga Khayalan Curhat ke Hologram di Masa Depan

Liputan6.com, Jakarta Film 2045 Apa Ada Cinta karya sutradara Indra Gunawan akan menyapa bioskop mulai 1 Desember 2022. Film ini menempatkan Yasmin Napper, Cinta Brian, dan Indah Kusuma sebagai pemeran utama.

Dalam 2045 Apa Ada Cinta, Cinta Brian memerankan Marshal. Yasmin Napper sebagai Renata sementara pendatang baru Indah Kusuma dipercaya memainkan karakter Meara.

Dalam gala premier yang digelar di Jakarta, Jumat (25/11/2022), Indra Gunawan menyebut tantangan muncul sejak dari awal produksi yakni menyeleksi puluhan ribu ide yang dilontar netizen di jagat maya.

Puluhan ribu ide menggenang setelah pihak rumah produksi menggelar kuis. Laporan khas Showbiz Liputan6.com menghimpun 6 fakta dari balik layar 2045 Apa Ada Cinta. Selamat menyimak dan menonton.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 7 halaman

1. 32 Ribu Ide

Indra Gunawan menyebut salah satu tujuan dibuatnya 2045 Apa Ada Cinta, mengakomodasi keinginan atau khayalan ribuan generasi muda Indonesia. Ini dimulai dari kuis dengan pertanyaan: Apa sih yang kalian inginkan pada 2045, Indonesia tuh seperti apa?

Tak dinyana ada sekitar 32 ribu jawaban masuk. “Tapi kita enggak mungkin memasukkan semua khayalan mereka. Dari 32 ribuan, kita saring menjadi 5.000-an lalu dikepras lagi jadi 10 saja untuk diwujudkan dalam film ini,” katanya.

 

3 dari 7 halaman

2. Syuting di Jakarta, 25 Hari

Memilih 10 di antara 32 ribuan ide bukan mudah. “Kita memilih ide-ide atau khayalan yang tidak terlalu jauh dan realistis, karena kita juga tidak terlalu jauh dengan 2045, tuh sekitar 23 tahunan dari sekarang,” Indra Gunawan menyambung.

Syuting film dilakukan di Jakarta dengan set 2045 selama 25 hari. Film ini diharapkan mewakili harapan generasi muda yang bisa terwujud bertepatan dengan seabad Indonesia merdeka.

 

4 dari 7 halaman

3. Alasan 1 Desember 2022

Film 2045 Apa Ada Cinta diproduksi Max Picture bekerja sama dengan NUON dari Telkom Indonesia. Produser Max Pictures, Ody Mulya Hidayat buka kartu soal memilih 1 Desember 2022 sebagai tanggal rilis.

“Desember hawanya mulai libur dan tidak ada saingan yang terlalu berat mudah-mudahan 2045 bisa berjalan lancar,” ungkap produser Dilan 1990. Sejujurnya ia dua kali ditawari rilis mendekati long weekend. “Saya tolak karena tingkat okupansi saat itu masih 50 persen,” akunya.

 

5 dari 7 halaman

4. Mirip Marsha Soal Gigih

Cinta Brian bersyukur terlibat dalam proyek 2045 Apa Ada Cinta. Tantangannya, Marshal tak 100 persen mirip dengan sifatnya di kehidupan nyata. Salah satu kesamaan dengan Marshal yakni sifat gigih.

“Kemiripan Cinta Bryan dan Marshal, gigih. Selalu mengejar apa yang dia mau dan dapatkan itu mirip, sih. Tapi kalau jago teknologi kayaknya enggak. Gue enggak gaptek tapi enggak terlalu fasih juga,” ulas Cinta Brian.

 

6 dari 7 halaman

5. Yasmin Hacker

Yasmin Napper bangga bergabung dalam proyek 2045 Apa Ada Cinta. Memerankan hacker alias peretas, bintang film Satria Dewa: Gatotkaca menyebut tokoh Renata ambisius.

“Gue hacker, jago teknologi. Karakter Renata ini ambisius dan spontan sementara Yasmin di kehidupan nyata lebih banyak berpikir dan pertimbangan ke depan,” ia menuturkan.

 

7 dari 7 halaman

6. Indah Pernah Ditikung

Film 2045 Apa Ada Cinta mengisahkan cinta segitiga Renata, Meara, dan Marshal. Indah Kusuma membeberkan sejumlah kemiripan dengan Meara yang dimainkannya. “Kalau dibilang mirip sih, kayak i was. Kalau soal ditikung sama, ya sih ha ha ha,” serunya.

“Kalau sifat keseharian, lebih enggak baper. Saya tipe kalau ya, ya. Kalau enggak, enggak. Kalau Meara lebih banyak memendam sendiri, lebih banyak sedih sendiri,” urai Indah Kusuma.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS