Sukses

Hari Sumpah Pemuda, Ini 5 Lagu Penuh Makna tentang Anak Muda di Khazanah Musik Indonesia: Dinyanyikan Chaseiro, Iwan Fals Hingga Rhoma Irama

Tanggal 28 Oktober diperingati sebagai hari Sumpah Pemuda, berikut 5 lagu Indonesia bertema pemuda yang sarat makna.

Liputan6.com, Jakarta Tanggal 28 Oktober diperingati sebagai Hari Sumpah Pemuda di Indonesia. Ikrar Sumpah Pemuda yang dibuat para pahlawan pada 28 Oktober 1928 dianggap menjadi tonggak utama menuju kemerdekaan Republik Indonesia pada 1945. Hingga kini, peringatan Sumpah Pemuda selalu digelar dengan penuh kemeriahan di berbagai instansi.

Dari masa ke masa, kiprah pemuda dianggap penting dalam memajukan bangsa Indonesia. Sejumlah musikus dari berbagai generasi, pernah membuat lagu yang bertema pemuda. Beberapa lagu bahkan tak lekang oleh waktu.

Menyebarkan semangat lewat lagu dengan lirik yang inspiratif telah dilakukan oleh beberapa musisi. Sejumlah judul lagu bahkan terus didaur ulang oleh generasi berbeda.

Dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda 2022, berikut Showbiz Liputan6.com rekomendasikan 5 lagu bertema pemuda yang penuh makna.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Pemuda

Pemuda yang rilis pada tahun 1979 adalah lagu hit milik Chaseiro Band, yang terdiri dari Candra Darusman (vokal, keyboard), Helmi Indrakesuma (vokal), Aswin Sastrowardoyo (vokal, gitar), Edwin Hudioro (flute), Irwan B. Indrakesuma (vokal), Rizali Indrakesuma (vokal, bass), Omen Norman Sonisontani (vokal).

Lagu ini mengajak para pemuda untuk bersatu menyongsong cita-cita bersama. Lagu ini sempat didaur ulang oleh grup vokal HiVi pada 2019.

3 dari 6 halaman

2. Bangun Pemudi Pemuda

Bangun Pemudi-Pemuda adalah lagu nasional Indonesia karya Alfred Simanjuntak. Selain kerap dinyanyikan dalam momen Sumpah Pemuda. Sejatinya masuk ke dalam deretan lagu nasional. Dan, lagu ini juga pernah dijadikan lagu untuk iklan layanan masyarakat di televisi pada 2016, dengan talent seperti Judika, Glenn Fredly, Joe Taslim dan banyak lagi. Band Cokelat hingga musisi Addie MS pernah merilis ulang lagu ini sebagai single.

4 dari 6 halaman

3. Muda Mudi

Band Koes Plus sangat populer pada era 70 dan 80-an. Tak hanya lagu seputar cinta, Koes Plus juga pernah merilis lagu 'Muda-Mudi' pada 1973. Lagu ini mengangkat fenomena pergaulan bebas di kalangan remaja, dan menyindir mereka yang salah jalan.

5 dari 6 halaman

4. Darah Muda

Darah Muda merupakan lagu klasik Rhoma Irama, yang juga jadi film yang dibintanginya pada 1977. Darah muda menampilkan sindiran pada kalangan remaja yang selalu merasa benar. Lagu ini juga mengingatkan agar anak muda berhati-hati dalam mengambil langkah agar tidak terjadi penyesalan.

6 dari 6 halaman

5. Krisis Pemuda

Pada awal karier, musikus Iwan Fals kerap melayangkan kritik tajam pada pemerintah lewat lagu. Salah satunya melalui lagu 'Krisis Pemuda' yang terdapat dalam album kompilasi Kelompok Penyanyi Jalanan. Lagu ini mengangkat tema pemuda yang berbakat namun tak mampu mendapat pekerjaan layak lantaran kalah dengan mereka yang masuk lewat nepotisme.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.